Beberapa Perawatan Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Ketahui

Mungkin Anda sebagai seorang ibu baru merasa bingung dan kerap kali bertanya, berapa kali dalam satu hari sih bayi baru lahir dimandikan? Dan seperti apa perawatan bayi baru lahir yang tepat? Apakah perlu kita membersihkan bagian lidah bayi yang baru lahir? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan itu, sebaiknya Anda menyimak beberapa ulasan yang akan kami berikan guna menjawab semua pertanyaan Anda.

Merawat bayi baru lahir ternyata bukanlah satu perkara yang mudah. Dan jika tidak di rawat dengan baik dan benar, atau bahkan jika kebersihannya tidak di jaga, maka keadaan tubuh bayi akan sangat rentan terhadap serangan penyakit. Dan berikut ini ada beberapa cara perawatan bayi baru lahir yang harus benar-benar di perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Tali pusat

Perawatan tali pusat pada bayi yang baru lahir memang harus benar-benar menjadi perhatian yang utama, karena daerah ini merupakan satu daerah yang rentan sekali terkena infeksi. Jika tali pusat yang masih belum putus tidak sengaja terkena air ketika bayi di mandikan, maka Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan cotton buds yang telah steril. Jangan pernah Anda membubuhi ramuan apapun pada tali pusat si kecil.

  1. Mata

Pada bagian mata, Anda hanya membutuhkan perawatan dengan cara melakukan pemijatan ringan dan lembut di bagian sudut mata dengan menggunakan jari yang tidak berkuku, atau dengan menggunakan cotton buds yang telah Anda basahi dengan menggunakan air matang. Pijatlah dengan lembut dari sudut mata ke bagian bawah serta ke arah hidung, lakukan pijatan ini sebanyak 5-10 kali. Anda bisa melakukan hal ini kurang lebih selama 2 minggu. Karena setelah itu, umumnya saluran air mata akan terbuka tetap serta berfungsi dengan baik.

  1. Kulit

Agar keadaan kulit si kecil tetap lembab serta terhindar dari kekeringan, maka Anda bisa menggunakan baby oil yang memiliki kandungan vitamin E, karena vitamin E ini juga bermanfaat untuk membuat kulit si kecil tetap halus, lembut, serta terhindar dari lecet. Nah, untuk mengatasi biang keringat yang sering terjadi pada si kecil, maka Anda bisa mengatur temperature ruangan atau kamar bayi, agar bayi bisa merasa nyaman. Jangan sampai si kecil merasa kepanasan. Jika Anda tidak memiliki AC, maka keadaan ventilasi kamar harus Anda perhatikan.

  1. Kulit kepala

Yang paling menjengkelkan namun tidak berbahaya yaitu bagian cradle crap atau kerak di kulit kepala bayi. Untuk membersihkan bagian ini, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air matang setelah diberikan obat dari dokter. Namun ketika Anda membersihkan kerak ini, Anda harus mengusapnya dengan sangat hati-hati dan jangan terlalu keras. Walaupun tidak dibersihkan, sebenarnya kerak ini juga nantinya akan mengelupas sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baby oil, penggunaannya cukup mudah, Anda oleskan baby oil ke bagian kerak bayi, setelah itu diamkan sekitar 10-15 menit, lalu pijatlah secara perlahan.

  1. Rambut

Untuk merawat rambut si kecil, Anda bisa menggunakan shampoo yang memiliki kandungan pro vitamin B5, agar keadaan rambut si kecil tetap sehat, mudah di atur, serta lebih bercahaya.

  1. Hidung

Perlu Anda ketahui, sebenarnya bagian dalam hidung memiliki daya pembersih sendiri, dan tidak perlu perawatan yang khusus. Dan jika ada cairan atau kotoran yang keluar, maka Anda tinggal membersihkannya dengan menggunakan cotton buds atau tisu yang digulung sekecil mungkin, dan bersihkanlah bagian luar hidung si kecil.

  1. Telinga

Sama halnya dengan hidung, bagian dalam telinga juga memiliki alat pembersih sendiri, dan Anda tidak dianjurkan untuk membersihkan bagian dalam telinga bayi. Jika Anda ingin membersihkannya, maka Anda bisa membersihkan bagian luar telinga si kecil dengan menggunakan tisu atau cotton buds yang steril yang telah diberikan air matang. Bersihkanlah secara lembut.

  1. Kuku

Dan yang terakhir kuku, ketika bayi baru lahir sebenarnya kuku bayi sudah bisa mulai di potong. Walaupun ada yang mempercayai bahwa kuku si kecil sebaiknya di potong setelah menjelang 40 hari. Itu hanya sebuah mitos, dan jika Anda ingin membersihkannya dan memotongnya, diperbolehkan saja dengan catatan lakukan dengan cara yang hati-hati.

Related Posts

Share This