Beberapa Penyebab Yang Menjadikan Ketuban Pecah Dini

Ketuban pecah dini merupakan salah satu keadaan dimana ketuban pecah sebelum proses persalinan tiba pada waktunya. Ketika seorang ibu hamil mengalami kondisi seperti ini, maka harus segera dilakukannya penanganan. Mengapa? Karena jika hal ini dibiarkan bisa menimbulkan serangkaian persoalan terhadap kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan terkadang, hal ini kerap kali menjadikan satu momok yang sangat menakutkan bagi ibu hamil.

Rasa cemas tersebut memang cukup wajar di rasakan oleh sebagian besar ibu hamil, terutama seorang ibu muda yang memang baru pertama kali menjalankan masa kehamilan. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi Anda mengetahui beberapa hal yang telah menjadi mitos yang beredar di kalangan masyarakat, terutama terkait aspek ketuban pecah dini yang memang seharusnya tidak menjadikan mitos tersebut sebagai momok yang menakutkan bagi ibu hamil.

Adanya ketuban pecah dini atau bisa juga di singkat dengan KPD ini jika di lihat dalam ilmu medis bisa dibagi menjadi 2 jeni, yaitu sebagai berikut:

  1. KPD premature, yaitu ketuban yang pecah dini yang memang terjadi sebelum usia kehamilan menginjak usia 37 minggu.
  2. KPD cukup bulan, uakni ketuban yang pecah yang terjadi di usia kehamilan yang memang telah mencapai usia kandungan 37 minggu.

Nah, berikut ini ada beberapa penyebab ketuban pecah dini yang harus Anda ketahui serta pahami guna menjaga kondisi kandungan Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadinya pecahan yang terjadi pada selaput yang dikarenakan oleh kondisi atau keadaan mulut rahim yang lemah. Dan kondisi membrane yang lemah ini disebabkan oleh inveksi yang terjadi pada rahim atau bahkan vagina.
  2. Ketuban pecah dini juga di sebabkan oleh adanya kelainan pada otot leher rahim. Bagian otot leher rahim tersebut terlalu lunak serta lemah, sehingga hal itu mengakibatkan terbukanya leher rahim ketika masa kehamilan serta adanya desakan janin yang semakin hari semakin membesar.
  3. Adanya faktor psikologis yang memang bisa menyebabkan pecahnya ketuban, seperti adanya trauma hubungan seksual. Penting untuk Anda ketahui, adanya hubungan intim yang tidak wajar yang memang disertai dengan adanya kekerasan serta posisi yang tidak lazim bisa mengakibatkan trauma pada ibu hamil, lebih-lebih jika sampai terjadi pendarahan pada liang vagina.
  4. Adanya infeksi terhadap selaput ketuban, dan hal ini bisa mengakibatkan ketubah menjadi mudah pecah.
  5. Di kehamilan sebelumnya, seorang ibu pernah mengalami kehaliran secara premature, dan hal tersebut juga merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab ketuban pecah dini.
  6. Penyebab ketuban pecah dini juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan merokok ketika masa kehamilan serta kurangnya perawatan kondisi kandungan saat hamil.

Nah, itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan ketuban pecah dini, atau air ketuban yang pecah tidak pada waktunya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517