Beberapa Penyebab Sakit Kepala Pada Ibu Menyusui

Wanita yang sedang menyusui harus senantiasa menjaga kesehatan supaya produksi ASI untuk bayi tidak akan terganggu. Kondisi kesehatan yang bermasalah akan menyebabkan produksi ASI menurun dan proses menyusui akan terhenti sehingga bayi tidak akan mendapatkan asupan nutrisi untuk pertumbuhannya. Salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang ibu menyusui adalah sakit kepala. Kondisi ini akan mengakibatkan ibu menyusui kesulitan untuk memberikan ASI kepada bayi karena merasa tidak nyaman. Kadar hormone estrogen yang tinggi kadang menjadi penyebab utama sakit kepala pada ibu menyusui.

Penyebab Sakit Kepala Pada Ibu Menyusui

Ada beberapa penyebab sakit kepala yang terjadi pada ibu menyusui

Kurang istirahat. Setelah melahirkan, tugas seorang ibu menjadi bertambah sehingga waktu untuk beristirahat akan berkurang. Seorang ibu harus siaga ketika bayi tiba-tiba menangis pada malam hari karena lapar. Kondisi tersebut membuat waktu istirahat tidak terpenuhi sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dan aliran darah menuju kepala akan terhambat maka timbul sakit kepala. Untuk mengatasi hal tersebut selama menyusui sebaiknya Anda mengoptimalkan waktu istirahat. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meminta bantuan baby sitter untuk merawat bayi sehingga Anda bisa beristirahat ketika bayi sedang tidak ingin menyusu.

Dehidrasai atau kurang cairan. Faktor lain yang menyebabkan sakit kepala ketika menyusui yaitu tidak seimbangnya asupan cairan ke dalam tubuh dengan cairan yang dikeluarkan melalui urin, keringat dan ASI. Kondisi tersebut menyebabkan darah menjadi pekat dan aliran darah keseluruh tubuh terutama kepala menjadi terhambat sehingga timbul sakit kepala. Mengatasi gangguan tersebut sebaiknya selama menyusui Anda menjaga pasokan cairan ke dalam tubuh dengan rutin minum air putih atau jus buah. Selain untuk melancarkan produksi ASI, mencukupi kebutuhan cairan juga akan menghindarkan ibu menyusui dari sakit kepala.

Posisi ketika menyusui yang salah. Sakit kepala ketika menyusui bisa diakibatkan oleh posisi menyusui yang salah dan menyebabkan saraf-saraf pada bagian leher akan tertekan. Posisi yang salah ketika menyusui yaitu duduk dengan punggung melengkung atau bahu yang membungkuk, posisi duduk ketika menyusui tidak menggunakan sandaran dan menyusui dengan posisi berbaring ke satu arah tanpa bergantian. Mengatasi hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menyusui menggunakan posisi yang benar dan rileks sehingga tidak ada baian tubuh yang tertekan atau tegang.

Stres. Pada waktu menyusui kadang seorang ibu akan merasa stres dan merasa takut tidak bisa mencukupi kebutuhan ASI untuk bayi ataupun merasa jenuh. Stres ketika menyusui akan menyebabkan aliran darah menuju ke kepala terhambat dan menimbulkan kontraksi otot sehingga memicu sakit kepala. Hal tersebut mengakibatkan hormon endorphin atau hormon yang memberikan rasa tenang akan menurun. Perasaan yang rileks dan pikiran yang tenang selama menyusui akan menghindarkan Anda dari stres yang merupakan penyebab sakit kepala.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517