Beberapa Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi guna mengistirahatkan semua fungsi tubuh setelah beraktivitas. Tidur yang berkualitas dan teratur akan membantu mengembalikan energi dan meningkatkan sistem imun. Namun terkadang seringkali kepala pusing saat bangun tidur sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman untuk memulai aktivitas.

Kepala pusing saat bangun tidur bisa dipicu oleh waktu tidur yang terlalu lama maupun kekurangan waktu tidur. Selain itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan kepala terasa pusing atau bahkan sakit setelah bangun tidur. Apa saja penyebabnya? Berikut ini simak ulasannya.

Faktor Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur

Vertigo

Salah satu penyebab kepala sering terasa pusing saat bangun tidur yaitu akibat gangguan vertigo. Seperti yang kita ketahui bahwa vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang menyebabkan penderitanya merasa seperti berputar-putar. Apabila tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan gejala yang menyakitkan.

Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi menjadi penyebab selanjutnya kepala merasa pusing setelah bangun tidur. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum Anda tidur dengan mengkonsumsi air putih secukupnya. Selain itu, sediakan air putih disamping tempat tidur Anda dan segera minum setalah bangun tidur.

Bangun Tidur Secara Tiba-tiba

Bangun dengan tergesa-gesa dan secara tiba-tiba menjadi penyebab selanjutnya. Ketika Anda mengalami gangguan tidur dan bangun secara tiba-tiba maka akan menyebabkan dada terasa berdebar. Bahkan kejadian ini akan mempengaruhi mood. Bangun secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh dering ponsel ataupun suara lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan matikan ponsel supaya tidak mengganggu waktu tidur Anda.

Efek Samping Obat

Penggunaan obat bisa menyebabkan pusing setelah bangun tidur. Terlebih lagi jika obat tersebut Anda gunakan dalam jangka panjang. Maka dari itu sebelum memutuskan mengkonsumsi obat tertentu sebaiknya Anda mengetahui efek sampingnya.

Gelisah dan Cemas

Perasaan gelisah dan cemas yang terbawa tidur akan menyebabkan kepala pusing ketika bangun tidur. Hal ini karena perasaan cemas akan menyebabkan stres sehingga mengganggu keseimbangan oksigen dan karbondioksida ketika bernafas. Nah, dampaknya menyebabkan terjadinya penyempitan arteri sehingga kepala terasa pusing.

Menggunakan Ikat Rambut

Bagi Anda kaum wanita yang sering mengikat rambut sebaiknya meninggalkan kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan kepala pusing saat bangun tidur. Bahkan bagi pria yang suka menggunakan gel rambut akan mengalami kondisi ini jika menggunakannya sebelum tidur.

Nah, demikian beberapa faktor penyebab kepala pusing setelah bangun tidur. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh Anda senantiasa sehat dan bugar. Oleh karena itu ciptakan suasana tidur yang menyenangkan sehingga tidak ada gangguan selama tidur dan setelah terbangun.

Related Posts

Share This