Beberapa Masalah Yang Terjadi Pasca Persalinan

Setelah menjalani kehamilan dan proses persalinan biasanya seorang wanita akan mengalami beberapa perubahan pada kondisi fisik dan psikisnya. Keadaan tersebut tak jarang membuat seorang wanita menjadi stres. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan dan informasi sebagai solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa Masalah Yang Terjadi Pasca Persalinan

Ada beberapa permasalahan umum yang biasa terjadi pada wanita pasca melahirkan, diantaranya yaitu sebagai berikut:
Gangguan buang air kecil

Permasalahan yang biasa terjadi pada wanita pasca persalinan adalah adanya kesulitan untuk buang air kecil. Keadaan ini biasanya berlangsung sekitar 24 jam pasca melahirkan. Terkadang banyak yang merasa ingin buang air kecil tapi tidak bisa keluar, selain itu ada yang bisa buang air kecil tapi disertai dengan rasa panas dan nyeri. Hal ini dikarenakan kandung kemih memerlukan pengosongan selama kurang lebih 6 sampai 8 jam setelah melahirkan. Untuk mengatasi hal tersebut dan menjaga kesehatan kandung kemih maka Anda dapat menjaga asupan cairan untuk tubuh. Cara terbaik adalah dengan minum air putih yang cukup setiap harinya.

Terjadi kontraksi rahim

Gejala kontraksi rahim yang biasa dirasakan pasca melahirkan adalah kram dan kejang pada perut yang bersifat tidak wajar. Kontraksi yang terjadi pada rahim setelah melahirkan merupakan hal yang wajar karena hal tersebut merupakan cara untuk mengerutkan pembuluh darah yang melebar ketika persalinan menuju ke bentuk semula dan normal. Akan tetapi apabila kontraksi ini tidak wajar maka perlu diwasapadai dan segera lakukan pemeriksaan kepada dokter.

Mengalami kelelahan

Proses melahirkan merupakan saat yang paling melelahkan bagi setiap wanita. Terlebih lagi perasaan letih tersebut akan bertambah ketika harus ekstra mengurus bayi setelah persalinan. Semua tenaga akan terkuras karena harus menyusui dan merawat bayi. Untuk mengatasi keletihan pasca persalinan, Anda bisa mengoptimalkan waktu istirahat disela-sela mengurus dan menjaga bayi. Salah satu yang bisa dilakukan supaya waktu tidur Anda cukup yaitu beristirahat ketika bayi sedang tidur. Disamping itu, asupan makanan juga harus benar-benar diperhatikan supaya kebutuhan nutrisi selama menyusui akan tercukupi sehingga Anda akan tetap berenergi. Selain itu, penuhi asupan cairan untuk tubuh dengan mengkonsumsi air putih ataupun jus buah-buahan.

Keluar darah

Permasalahan selanjutnya yang biasa terjadi pasca melahirkan yaitu mengeluarkan darah. Biasanya darah akan terus keluar selama masa nifas dan hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan proses yang normal. Keadaan yang perlu dikhawatirkan adalah ketika darah yang keluar semakin banyak dan berlangsung lebih dari 3 hari. Apabila mendapati kondisi seperti itu maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Darah nifas yang normal hanya berlangsung sekitar 3 hari dan darah yang keluar semakin sedikit. Pemicu darah nifas keluar adalah kurang beristirahat dan terlalu banyak gerak setelah melahirkan. Wanita yang baru melahirkan sebaiknya beristirahat untuk beberapa hari supaya pemulihan kondisi rahim tidak akan terganggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517