Beberapa Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan

Anda penggemar sayur asem? Tahu buah melinjo? Bagi penggemar sayur asem atau emping pastinya tahu buah melinjo. Melinjo berukuran kecil dan seringkali dijadikan campuran untuk sayur asem. Sebagian orang mengolah buah melinjo menjadi emping yang renyah dan enak. Meskipun ukurannya kecil namun buah melinjo cukup nikmat untuk disantap. Bahkan disamping itu, ternyata tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, kulit melinjo juga memiliki khasiat untuk kesehatan yang belum banyak orang ketahui.

Jika selama ini banyak orang yang membuang kulit melinjo karena dianggap tidak enak, akan lain ceritanya jika mereka sudah mengetahui manfaatnya. Lalu apa saja manfaat kulit melinjo bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini!

Beta Karoten

Kulit melinjo mengandung betakroten yang merupakan slaah satu jenis nutrisi untuk kesehatan mata. Biasanya betakaroten identik pada wortel, namun ternyata kulit melinjo juga memiliki kandungan tersebut. Manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, mencegah infeksi kanker dan juga menurunkan risiko penyakit stroke. Selain itu juga berfungsi sebagai antiradang dan antinyeri.

Likopen

Selain terdapat pada tomat, likopen juga terkandung pada kulit melinjo. Manfaatnya sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit jantung, kanker, stroke, penuaan dini pada kulit, katarak dan juga bisa meningkatkan kesuburan.

Posfor dan Kalsium

Kalsium dan posfor pada kulit melinjo memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi tersebut bisa mencegah penyakit tulang atau yang disebut dengan osteoporosis.  Posfor dan kalsium akan menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari keropos.

Obat Asam Urat

Manfaat kulit melinjo bagi kesehatan lainnya yaitu untuk mengatasi asam urat. Hal ini karena kulit melinjo mengandung senyawa yang bisa menghambat kinerja xantin oksidase-enzim yang merupakan persistensi asam urat.

Nah, demikian manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tubuh. Luar biasa sekali bukan? Bagi Anda penggemar sayur asem yang sebaiknya buah melinjo jangan dikupas. Masak buah melinjo dengan kulitnya untuk memperoleh manfaat tersebut. Meskipun ukurannya kecil ternyata buah melinjo memiliki segudang manfaat yang luar biasa.

Untuk memperoleh sepenuhnya dari melinjo maka Anda bisa menambahkan kedalam menu makanan sehari-hari, baik itu kedalam tumisan ataupun sayur. Pengolahan yang kreatif akan menciptakan citarasa yang lezat pada olahan kulit melinjo. Jangan menganggap remeh akan manfaat buah mungil yang satu ini.

Buah melinjo memang memiliki rasa yang sedikit agak pahit, namun jika pengolahanya secara tepat maka rasa pahit tersebut bisa dihilangkan dan menjadi penganan yang sangat enak dan lezat. Kini sudah banyak jenis olahan buah melinjo yang terdapat dipasaran. Bahkan olahan buah melinjo sudah menjadi oleh-oleh khas yang mulai banyak digemari.

Dengan begitu maka Anda bisa lebih menikmati buah melinjo dengan citarasa yang luar biasa dan juga beragam manfaatnya untuk kesehatan. Buah yang dianggap tidak enak karena rasanya sedikit pahit akan menjadi kegemaran banyak orang jika diolah dengan sangat baik. Camilan sehat dan kaya manfaat ini akan lebih berguna bagi tubuh Anda daripada camilan yang bisa memicu gangguan kesehatan pada tubuh.

Oleh karena itu mulai saat ini jangan ragu untuk mengkonsumsi camilan dari buah melinjo karena manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan. Mulai manfaatkan dan olah buah melinjo secara tepat untuk memperoleh manfaatnya. Semoga ulasan artikel ini menjadi inspirasi dan referensi bagi Anda dalam memperoleh manfaat kulit buah melinjo!

Related Posts

Share This