Beberapa Komplikasi Hipertensi Yang Harus Dihindari

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya. Bahkan gangguan kesehatan yang satu ini tergolong kedalam salah satu gangguan kesehatan yang bersifat silent killer dan bisa terjadi serangan secara mendadak. Bahkan sebaiknya gangguan kesehatan yang satu ini jangan dibiarkan karena akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya sekali.

Serangan darah tinggi bisa terjadi kapan saja. Faktor penyebab utama dari tekanan darah tinggi ini berasal dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Terlebih lagi kondisi ini diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat akibat jarang berolahraga sehingga terjadi penyumbatan pada bagian pembuluh darah sehingga sirkulasi darah tidak normal. Hal inilah yang menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra dan pada akhirnya tekanan darah tidak stabil.

Waspada Terhadap Beberapa Komplikasi Hipertensi!

Faktor penyebab hipertensi memang banyak sekali. Jarang olahraga, pola makan tidak sehat, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak dan lain sebagainya. Untuk mencegah dan mengatasi serangan darah tinggi sebaiknya terapkan pola pola hidup sehat dalam keseharian. Dengan begitu maka kondisi kesehatan tubuh akan senantiasa terjaga dengan baik.

Jika Anda merasa mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi maka segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Jangan sampai kondisinya lebih parah. Upayakan untuk mengenali kondisinya lebih awal sebelum akhirnya terjadi komplikasi yang berbahaya. Waspadai beberapa komplikasi berbahaya dari hipertensi berikut ini!

Penyakit Jantung

Hipertensi yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung. Mengapa demikian? Hal ini karena akibat tekanan darah yang tidak stabil maka hal ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih ekstra sehingga mengakibatkan penebalan pada serabut serabut otot jantung yang bersifat abnormal.

Baca Juga:  Kenali Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi

Akibat terjadi penebalan pada serabut jantung yang mempengaruhi arteri koroner mengalami penyumbatan. Jika penyumbatan ini terus terusan terjadi maka hal ini akan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Cedera Pada Otak

Jika serangan darah tinggi atau hipertensi terus menerus dibiarkan maka hal ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian otak. Jika ada salah satu bagian pembuluh yang melemah maka sangat rentan pecah di bagian tertentu dan terjadi pendarahan. Kondisi yang paling umum terjadi yaitu adanya pembekuan pada arteri yang menuju ke otak. Bahkan kondisi seperti ini juga bisa mengakibatkan terjadinya kelumpuhan.

Masalah Pada Ginjal

Hati hati dan waspada dengan hipertensi sebab kondisi ini juga sangat berbahaya dan berisiko terhadai gangguan pada ginjal. Mengapa ginjal terlibat? Hal ini karena tekanan dan sirkulasi darah menuju ke ginjal tidak normal sehingga penyumbatan ini menghambat kinerja ginjal. Gejalanya lebih sering kencing dan pada gejala yang lebih parah maka ginjal rusak.

Gangguan Penglihatan

Selanjutnya terjadi kerusakan pada bagian indera penglihatan. Hal ini akibat adanya pendarahan di area tertentu atau adanya sumbatan sirkulasi darah yang menyebabkan kerusakan pada saraf mata. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan sekali.

Gangguan kesehatan seperti hipertensi ini memang bersifat silent killer dan bisa menyerang siapa saja. Untuk itu dalam upaya untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan tersebut sebaiknya lakukan pola hidup sehat dalam keseharian Anda. Terapkan latihan yang teratur untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Olahraga ringan seperti jogging, yoga, bersepeda, berenang, main bola, bulu tangkis dan lainnya.

Disamping itu juga perhatikan pola makan dan asupan makanan yang bernutrisi tinggi. Hindari jenis jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, alkohol, kefein, rokok dan lain sebagainya. Selalu utamakan gaya hidup sehat Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517