Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Haid

Haid atau menstruasi merupakan salah satu siklus bulanan yang pasti terjadi pada setiap wanita yang masih dalam masa subur. Siklus haid setiap wanita setiap bulannya tentu saj berbeda-beda. Ada wanita yang haid di awal bulan, pertengahan ataupun di akhir bulan. Begiupun dengan lama waktu haid tentu berbeda, namun umumnya wanita haid selama 7 hari atau seminggu. Darah haid bukanlah sebuah penyakit jika terjadi secara teratur dan tidak ada kelainan.

Menjaga kesehatan organ intim pada waktu haid adalah salah satu hal yang sangat mutlak perlu untuk dilakukan oleh setiap wanita. Darah haid mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan organ intim jika kebersihan area organ intim tidak dijaga dengan baik. Kan tetapi seringkali banyak wanita yang mengabaikan kebersihan organ intim pada waktu haid dan bahkan ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan pada waktu haid yang secara tidak disadari berpotensi terhadap kesehatan vagina.

Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh wanita haid yang berpotensi terhadap kesehatan organ intim. Simak berikut ini!

Jarang Mengganti Pembalut

Salah satu kesalahan wanita haid yang seringkali dilakukan yaitu jarang mengganti pembalut. Kebiasaan ini bisa memicu datangnya bakteri pada area organ intim. Ketika haid, organ intim adalah salah satu area yang sangat menyenangkan bagi bakteri untuk berkembang. Oleh karena itu jangan abaikan kebersihan organ intim dan ganti pembalut secara teratur. Sebaiknya lakukan penggantian pembalut sebanyak 3 hingga 4 kali setiap harinya.

Douching

Membersihkan vagina atau douching adalah salah satu kebiasaan yang dilarang waktu haid karena bisa mengganggu keseimbangan pH alami pada vagina. Douching bisa membunuh bakteri baik sehingga pada akhirnya bisa terjadi infeksi. Sebaiknya bersihkan vagina dengan air hangat atau air bersih biasa saja.

Pembersih Wangi

Sebaiknya hindari pembersih vagina dengan aroma wangi karena hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi bakteri serta jamur. Penggunaan pembersih bahan kimia tidak dianjurkan pada wanita yang sedang haid ataupun tidak haid.

Kurang Istirahat

Kurang tidur atau kurang istirahat seringkali terjadi pada wanita haid. Tidur cukup saat haid sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan mengabaikan pentingnya istirahat karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan. Jika waktu istirahat kurang maka hal ini berisiko menyebabkan gangguan kesehatan dan proses haid kurang lancar.

Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Pada waktu haid sebaiknya Anda menghindari minuman berkafein seperti kopi. Minum minuman berkafein seperti kopi bisa menyebabkan sejumlah keluhan pada waktu haid seperti sakit kepala yang tak tertahankan.

Tidak Pernah Berolahraga

Saat haid sebaiknya tetap melakukan olahraga dengan intensitas dan porsi olahraga yang ringan. Jangan malas untuk berolahraga. Olahraga berguna untukmengeluarjkan racun dalam tubuh dan menghindari stress. Dengan berolahraga maka tubuh Anda akan tetap fit selama menjalani masa haid. Cukup lakukan olahraga 15-30 menit setiap harinya dengan porsi yang ringan.

Demikian beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh wanita haid yang sebaiknya dihindari. Lakukanlah pola hidup yang lebih sehat sehingga kesehatan akan terjaga selama menjalani haid. Jangan sampai Anda mengalami masalah kesehatan pada organ intim yang pada akhirnya berakibat fatal dalam jangka panjang.

Perhatikan pola hidup dan pola makan sehat, konsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga dan hindari kebiasaan buruk yang berpotensi terhadap kesehatan Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda khususnya para wanita!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517