Beberapa Keluhan Ibu Hamil 7 Bulan

Ibu hamil 7 bulan tentunya akan mengalami berbagai perubahan pada dirinya, baik itu secara fisik dan mental. Perubahan yang jelas terlihat memang dari aspek fisik yaitu membesarnya ukuran perut ibu hamil seiring dengan perkembangan janin.

Kondisi perut yang semakin membesar terkadang memicu keluhan hamil 7 bulan yang membuat perasaan tidak nyaman untuk beraktivitas. Perubahan dari segi psikis biasanya ibu hamil akan merasa cemas dan khawatir untuk menghadapi persalinan.

Hal ini terbilang wajar terlebih lagi jika baru pertama kali menjalani kehamilan. Namun jika kondisi tersebut terus menerus menghantui ibu hamil tanpa solusi untuk mengatasinya maka bisa berdampak terhadap persiapan mental menuju persalinan.

Dukungan dan semangat dari orang terdekat merupakan salah satu hal yang bisa mengatasi kecemasan menjelang persalinan. Disamping itu untuk membuat pikiran senantiasa rileks, cobalah untuk mengikuti latihan yoga khusus ibu hamil atau latihan meditasi.

Selain berguna untuk menenangkan pikiran, yoga juga bermanfaat untuk membantu memperlancar persalinan. Sebaiknya Anda mengikutui kelas yoga dengan instruktur terpercaya atau bisa juga melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari DVD yoga yang kini banyak di jual dipasaran.

Keluhan Kehamilan 7 Bulan

Memasuki usia kehamilan 7 bulan, banyak perubahan yang akan terjadi pada ibu hamil. Disamping itu, fenomena yang lumrah terjadi pada ibu hamil yaitu keluhan seputar kehamilan 7 bulan. Apa saja keluhan pada ibu hamil 7 bulan?

Keluhan yang mungkin terjadi pada ibu hamil 7 bulan yaitu gangguan buang air kecil, mual, gangguan buang air besar, ukuran payudara semakin membesar, warna aerola berubah menjadi lebih gelap, cairan vagina bertambah dan perut bagian bawah yang mengalami pembengkakan.

Keluhan tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Keluhan lain yang dirasakan meliputi sakit kaki, pencernaan tidak teratur, pinggang dan pundak linu serta kaki bengkak. Terkdang kondisi ini mengganggu kenyamanan ibu hamil untuk beraktivitas sehingga perlu penanganan yang tepat.

Gangguan pencernaan pada ibu hamil tahap akhir terkait dengan perubahan hormone didalam tubuh ibu hamil. Sedangkan keluhan lain seperti sesak nafas, sakit pundak, kaki diakibatkan oleh perubahan fisik yang semakin membesar seiring dengan perkembangan janin didalam kandungan.

Solusi Untuk Mengatasi keluhan ibu hamil 7 bulan

Keluhan-keluhan yang terjadi pada kehamilan 7 bulan memang terbilang sebagai hal yang wajar, namun sebaiknya diatasi supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mengatasi keluhan kehamilan 7 bulan.

  1. Bagi ibu hamil 7 bulan yang mengalami gangguan pencernaan sebaiknya konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur. Selain itu, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  2. Lakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur. Salah satu contohnya yaitu dengan rutin melakukan jalan kaki santai pada pagi hari.
  3. Untuk mengatasi keluhan pembengkakan sebaiknya gunakan pakaian longgar yang tidak memberi tekanan pada bagian tubuh. Hal ini untuk memperlancar sirkulasi darah yang terhambat.
  4. Bagi ibu hamil 7 bulan yang mengalami keluhan tidur sebaiknya hindari jenis makanan atau minuman yang berkafein. Disamping itu, buatlah jadwal tidur yang teratur dengan suasana yang menyenangkan.
  5. Perbanyaklah istirahat dan jangan beraktivitas terlalu berat.
  6. Gunakanlah baju dengan bahan katun supaya bisa menyerap keringat dan menghindarkan dari kegerahan karena pada tahap akhir biasanya ibu hamil akan mengalami peningkatan suhu tubuh.
  7. Jangan pernah mengurangi asupan cairan meskipun sering buang air kecil. Tetaplah perhatikan kabutuhan cairan supaya terhindar dari dehidrasui.

Demikian keluhan dan solusi untuk mengatasinya pada kehamilan 7 bulan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This