Beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Kualitas Sperma

Memiliki keturunan atau buah hati tentunya menjadi sebuah kebahagiaan bagi setiap pasangan suami isteri dalam pernikahan. Untuk bisa memiliki buah hati tentunya banyak faktor yang perlu diperhatikan terkait hal tersebut. Salah satunya yaitu kesehatan, kualitas sperma dan sel telur dari masing-masing pasangan. Jika semua faktor mendukung maka kemungkinan untuk bisa hamil dan memiliki keturunan sangatlah besar.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan sel sperma, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan oleh setiap laki-laki. Karena tidak bisa dipungkiri banyak sekali kegiatan yang bisa merusak kualitas sperma misalnya dari faktor makanan, kebiasaan sehari-hari dan beberapa aktivitas buruk yang tanpa disadari sering dilakukan.

Faktor eksternal dan internal harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan kualitas sperma. Jangan menyepelekan apa yang menjadi kebiasaan Anda sehari-hari karena tanpa disadari kebiasaan tersebut sangatlah bisa mempengharuhi kesehatan dan kualitas sperma seorang laki-laki. Lalu apa saja kebiasaan yang bisa merusak dan mempengaruhi kualitas sperma? Berikut ini penjelasannya!

Kebiasaan Begadang

Kurang tidur seringkali menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan termasuk menurunnya kualitas sperma. Kebiasaan tidur kurang dari 6 jam bisa memicu penurunan kualitas kesyburan atau kualitas sperma. Idealnya waktu tidur adalah 8 jam per hari. Namun ternyata jika tidur lebih dari 8 jam juga tidak baik untuk kesehatan. Waktu tidur harus benar-benar tepat sehingga kesuburan dan kualitas sperma terjaga dengan sangat baik.

Kurang Konsumsi Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena kaya akan zat gizi. Kurang konsumsi ikan bisa menurunkan kualitas sperma. Konsumsilah ikan tuna dan salmon agar sperma selalu dalam keadaan sehat. Hindari konsumsi daging olahan karena jenis makanan tersebut adalah musuh bagi sperma.

Stres

Hindari stress karena bisa mempengaruhi kesehatan sperma. Stres dan depresi sangat berbahaya sekali terhadap sperma. Meskipun Anda sudah menjalankan pola makan sehat, namun jika stress maka tetap saja tidak baik untuk kesehatan sperma dan bisa merusak kualitasnya. Atasi stress dengan tepat maka hidup Anda akan lebih baik.

Kebiasaan Konsumsi Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda terlalu sering ternyata bisa mempengaruhi kesehatan sperma Anda. Kandungan gula pada minuman bersoda bisa menyebabkan resistensi insulin sehingga hal ini bisa menyebabkan peradangan yang mengakibatkan pergerakan sperma menjadi terhambat. Oleh karena itu sebaiknya hindari kebiasaan minum minuman bersoda sehingga kualitas sperma Anda terjaga dengan sangat baik.

Minum Minuman Beralkohol

Selin soda, minuman beralkhohol juga amat sangat berbahaya untuk kesehatan sperma. Pria yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman berlalkohol cenderung memiliki kualitas sperma yang buruk. Kesuburan seorang pria bisa rusak akibat konsumsi minuman beralkohol. Oleh karena itu sebaiknya hindari jenis minuman beralkohol saat ini juga guna menjaga kesehatan fisik, mental dan juga kesuburan.

Kebiasaan Menyimpan Ponsel Di Saku Celana

Radiasi dari ponsel yang disimpan di saku celana sangat rentan merusak sel sperma. Kebiasaan banyak orang yang menyimpan ponsel di saku celana memang tidak bisa dihindarkan. Menyimpan ponsel di saku celana seakan sudah menjadi tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh hampir semua orang.

Nah, demikian beberapa kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat yang sebaiknya dihindari agar tidak merusak kualitas sperma. Mulailah berlaku hidup sehat supaya kualitas sperma terjaga dengan sangat baik. Terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi dan hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517