Beberapa Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan yang Wajib Anda Ketahui

Penyakit pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan bagian yang sangat vital yang memang sangat wajib untuk Anda pelihara, agar fungsinya bisa bekerja secara maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan. Dan jika sistem pencernaan kita ada dalam keadaan yang baik, maka proses penyerapan nutrisi Anda juga akan berjalan dengan maksimal, sehingga keadaan tubuh akan menjadi sehat juga kuat.

Penyakit pada sistem pencernaan sangatlah beragam, dimulai dari jenis penyakit yang ringan seperti sembelit dan diare, hingga jenis penyakit yang parah seperti terjadinya kanker usus.

Sistem pencernaan manusia terbagi menjadi dua bagian, yakni saluran pencernaan juga organ pencernaan tambahan. Dan untuk sistem pencernaan sendiri, terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Sedangkan organ pencernaan tambahan lainnya terdiri dari gigi, lidah, kantung empedu, serta kelenjar pencernaan, seperti kelenjar hati, kelenjar ludah serta kelenjar pancreas.

Nah, di bawah ini ada beberapa daftar penyakit pada sistem pencernaan yang memang sering terjadi dan wajib untuk Anda hindari, yaitu sebagai berikut:

1. Xerostomia

Xerostomia yaitu kondisi dimana keadaan tubuh memproduksi saliva atau air liur dalam jumlah yang tidak mencukupi atau jumlahnya sedikit.

2. Ulkus / Mag

Penyakit ini di sebabkan oleh kadar asam lambung yang memang jumlahnya sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan nyeri di bagian lambung yang dikarenakan dinding lambung terkikis.

3. Gastritis

Gastritis ini kondisi atau keadaan dimana lambung teriritasi karena adanya produksi asam lambung yang sangat tinggi.

4. Peritonitis

Keadaan ini merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan yang terjadi di bagian selaput perut.

5. Appendicitis

Appendicitis adalah kondisi simana usus buntu mengalami peradangan.

6. Disfagia

Disfagia adalah salah satu jenis penyakit lambung yang rusak, hal ini disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan atau bahkan karena adanya racun dalam tubuh.

7. Kolik

Kolik ini merupakan kondisi dimana keadaan perut terasa sangat nyeri, yang memang umumnya di sebabkan oleh makanan yang di konsumsi terlalu pedas.

8. Diare

Diare adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri pada bagian usus yang memang menyebabkan usus besar tidak mampu menyerap kadar air yang ada di dalam fases, sehingga fases menjadi encer.

9. Konstipasi

Keadaan ini merupakan keadaan dimana usus besar menyerap kadar air secara berlebih, sehingga menyebabkan fases yang keluar memiliki tekstur yang keras.

10. Hemoroid

Penyakit ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah vena di bagian anus, umumnya penyakit ini juga di sbeut dengan ambeien atau wasir.

11. Kanker Colon

Penyakit ini di sebabkan oleh adanya peradangan terhadap usus besar yang tidak segera di atasi.
Nah, itulah beberapa penyakit pada sistem pencernaan yang sering menyerang Anda. Guna mencegah beberapa penyakit tersebut, maka sebaiknya Anda bisa menerapkan pola hidup sehat juga pola makan yang sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517