Beberapa Jenis Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi tumbuh kembang anak adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orangtua. Periode emas perkembangan anak tidak boleh dilewatkan supaya si kecil tumbuh dasn berkembang dengan sangat baik. Pada periode emas usia 0 – 3 tahun perkembangan dan pertumbuhan anak berlangsung dengan sangat cepat. Nah, pada periode ini sebaiknya memberikan asupan nutrisi yang seimbang supaya tumbuh kembang anak berlangsung dengan sangat baik.

Jika kekurangan nutrisi pada periode tumbuh kembangnya, maka hal ini bisa berakibat fatal terhadap kesehatan dan juga proses tumbuh kembang anak. Pemilihan jenis nutrisi bagi anak sangat penting untuk dilakukan sehingga perkembangan fisik dan psikisnya tidak terganggu. Berikan jenis makanan yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat, mineral, lemak dan jenis nutrisi penting lainnya.

Terapkan pola hidup dan pola makan sehat untuk anak sejak dini. Dengan begitu maka semua kebutuhan nutrisi untuk anak akan tercukupi dengan sangat baik. Apabila asupan nutrisi terjaga dengan baik maka si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat secara fisik maupun psikis.

Inilah Beberapa Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Vitamin A

Salah satu nutrisi tumbuh kembang anak yang harus Bunda berikan adalah vitamin A. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan perkembangan mata, mencegah risiko kematian dini dan juga meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit. Jika si kecil kekurangan vitamin A maka hal ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan dan gejala penyakit lain seperti pneumonia, malaria, campak dan juga rentan diare.

Berikan sumber makanan yang mengandung vitamin A seperti daging, ikan, hati, susu, telur, sayuran seperti wortel dan makanan sehat lainnya. Selain itu, jika si kecil belum menginjak kusia 6 bulan maka berikan ASI yang berkualitas. Dalam artian sang Bunda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak esensial ini sangat diperlukan sebagai nutrisi tumbuh kembang anak. Manfaat omega-3 yaitu untuk meningkatkan daya ingat otak anak, meningkatkan imunitas tubuh anak dan juga menjaga kesehatan psikologis anak. Berikan jenis makanan seperti ikan salmon, tuna, makarel, udang, daging sapi, telur, susu dan produk susu.

Kalsium

Nutrisi yang satu ini sangat penting guna menunjang perkembangan tulang dan juga memperkuat tulang serta gigi si kecil. Berikan asupan makanan seperti yoghurt, susu, keju, bayam, brokoli, buah-buahan dan beberapa jenis sayuran.

Yodium

Nutrisi penting lainnya yaitu yodium yang berguna untuk mendukung fungsi dan kinerja dari kelenjar tiroid. Bahkan yodium juga berperan penting dalam metabolisme dan mengatur pertumbuhan anak. Biasakan untuk menggunakan garam beryodium dalam menyajikan makanan untuk si kecil.

Besi

Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak. Oleh karena itu jangan sesekali melewatkan asupan nutrisi yang satu ini. Zat besi diperlukan untuk mencegah penyakit anemia, membantu perkembangan otak anak, perkembangan otot, meningkatkan imunitas tubuh anak. Berikan makanan seperti bayam, daging, hati dan juga ikan.

Nah, demikian beberapa jenis nutrisi tumbuh kembang anak yang tidak boleh Anda lewatkan guna menunjang tumbuh kembang anak supaya lebih baik dan tidak terganggu. Gangguan pertumbuhan akibat kekurangan nutrisi sangat fatal akibatnya.

Kekurangan nutrisi tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan fisik, namun juga bisa berpengaruh terhadap psikologis anak. Biasakan untuk selalu menyajikan makanan yang sehat dan bergizi dalam keseharian anak. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This