Beberapa Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil 5 Bulan

Kali ini kami akan membahas mengenai makanan ibu hamil 5 bulan yang baik untuk di konsumsi. Ketika memasuki usia 5 bulan kehamilan, maka janin sudah mulai memasuki periode yang bisa di bilang aman, walaupun resiko keguguran masih saja bisa terjadi tanpa pernah kita duga. Di bulan ke 5 kehamilan ini, Anda akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Keadaan janin yang ada di dalam kandungan mulai aktif bahkan sangat sensitif. Di usia kehamilan 5 bulan ini, secara fisik ibu mulai terlihat, bahkan berat badan ibu hamil mulai terlihat dan perut semakin membesar.

Di usia kehamilan 5 bulan ini, Anda harus tetap bisa memenuhi gizi ibu hamil. Namun walaupun seperti itu, Anda akan merasakan kebahagiaan dalam menjalani kehamilan ini. Mengapa? Karena di usia kehamilan 5 bulan ini ibu sudah mulai terbebas dari kebiasaan morning sickness serta penciuman ibu yang tidak terlalu peka jika dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya. Bukan hanya itu, kebhagian Anda akan bertambah, karena di usia 5 bulan Anda sudah bisa melakukan ultrasound scan. Manfaat dari ultrasound scan ini yaitu Anda bisa mendapatkan gambaran janin candid, dan hal ini bisa membuat Anda semakin jatuh hati kepada si kecil.

Agar kondisi kandungan Anda tetap dalam keadaan sehat, maka setidaknya Anda juga harus bisa memenuhi nutrisi untuk ibu hamil. Di bawah ini ada menu makanan yang baik untuk di konsumsi ibu hamil 5 bulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kalsium dan vitamin D

Kandungan kalsium yang memang banyak terkandung di dalam beberapa jenis makanan sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil. Kalsium ini sangat dibutuhkan janin guna membantu pertumbuhan tulang juga gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, maka ibu hamil akan terhindar dari gangguan osteoporosis. Selain kalsium, ibu hamil juga harus melengkapi nutrisi dengan vitamin D, karena vitamin D ini akan membantu Anda dalam proses penyerapan kalsium secara maksimal. Vitamin D ini bisa diperoleh dari susu, hati ikan juga kuning telur.

  1. Omega 3

Di usia kehamilan 5 bulan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3, yang mampu mendukung perkembangan otak janin yang ada did alam kandungan, sehingga bisa menunjang janin selama ia berada di dalam kandungan. Omega 3 ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti salmon, makarel, telur serta sayuran yang memiliki warna daun hijau.

  1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk memperbaiki penglihatan, pertumbuhan kulit serta tulang. Bukan hanya itu, vitamin A juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan serta membantu imunitas bayi. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Untuk vitamin A ini, bisa Anda dapatkan dari buah naga, wortel, tomat, buah apel, juga papaya.

  1. Zat Besi dan vitamin C

Anda bisa memperoleh zat bhesi yang terkandung di dalam daging, ikan atau bahkan hati. Zat besi ini berfungsi untuk membentu sejumlah sel darah merah, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya anemia. Anda juga harus melnegkpai asupan nutrisi Anda dengan vitamin C, yang memang bisa membantu dalam proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517