Beberapa Jenis Makanan Yang Akan Mempengaruhi ASI

Menyusui merupakan salah satu cara untuk memberikan asupan makanan atau nutrisi bagi bayi. ASI harus diberikan kepada bayi secara ekslusif selama 6 bulan. Hal ini bertujuan untuk memberikan nutrisi terbaik dalam mendukung pertumbuhan bayi. Semua nutrisi yang terdapat dalam ASI tidak bisa tergantikan oleh susu formula. Selain itu, pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan akan meminimalisir terjadinya alergi makanan pada bayi.

Beberapa Jenis Makanan Yang Akan Mempengaruhi ASI

Untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang bagus diperlukan asupan makanan yang bergizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat. Pada waktu menyusui sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih makanan karena semua jenis makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kualitas dan cita rasa dari ASI. Selain itu, hindari mengkonsumsi obat-obatan karena obat bisa mempengaruhi ASI dan terserap ke dalam air susu kemudian akan termakan oleh bayi. hal tersebut tentunya bisa memberikan dampak kurang baik bagi bayi. Ada beberapa jenis makanan yang mempengaruhi kualitas ASI, yaitu sebagai berikut:

Jenis Makanan Yang Bisa Mempengaruhi ASI

Minuman yang mengandung kafein

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan kafein. Pada waktu menyusui sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi karena kandungan kafein pada kopi akan terbawa melalui ASI dan masuk ke dalam perut bayi. Kafein yang berakumulasi di dalam perut bayi akan mengakibatkan bayi susah tidur dan iritasi pada sistem pencernaan sehingga menyebabkan bayi rewel dan menangis terus.

Makanan pedas

Semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan terserap ke dalam air susu, tidak terkecuali makanan pedas. Pada waktu menyusui sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki cita rasa pedas. Makanan pedas akan menyebabkan gangguan pencernaan pada waktu menyusui sehingga kualitas ASI yang dihasilkan akan menurun. Selain itu, makanan pedas juga akan membuat bayi menjadi rewel karena rasa pedas yang terserap oleh bayi melalui ASI akan menyebabkan perut bayi panas dan diare.

Minuman yang mengandung alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Minuman jenis ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Alkohol yang dikonsumsi bisa terserap oleh bayi melalui ASI sehingga akan menyebabkan bayi lemah dan pusing. Selain itu, alkohol juga akan menyebabkan kualitas dan kuantitas ASI berkurang.

Makanan dengan kadar merkuri tinggi

Jenis makanan lain yang bisa mempengaruhi ASI yaitu makanan yang mengandung kadar merkuri tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kandungan merkuri ialah ikan laut. Bagi ibu menyusui sebaiknya memilih ikan jenis lain untuk dikonsumsi selama menyusui. Merkuri merupakan salah satu logam berat berbahaya yang bisa masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI.

Makanan yang mengandung pemanis buatan

Bagi ibu menyusui sebaiknya menghindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan yang mengandung pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan bayi. Pada waktu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan.

Related Posts

Share This