Beberapa Hal yang Wajib Bunda Pahami Dalam Proses Persalinan

Proses persalinan merupakan satu proses dimana menipis bahkan membukanya leher rahim, yang setelah itu diikuti oleh turunnya janin ke jalan lahir, dan setelah itu di susul oleh proses kelahiran yang mana keluarnya bayi dari dalam rahim.

proses persalinan

Biasanya, ketika seorang ibuhamil yang baru pertama kali melangsungkan proses persalinan, akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 18 jam untuk mengetahui tanda-tanda persalinan, sementara untuk seorang ibu hamil yang akan melangsungkan proses persalinan hanya membutuhkan waktu sekitar 12 jam saja. Namun tentu saja, perhitungan waktu ini hanyalah perkiraan saja. Kenapa? Karena proses persalinan itu sangatlah unik, bahkan setiap perempuan bisa saja mengalami hal yang berbeda-beda.

Proses persalinan yang dianggap normal merupakan proses persalinan dengan diikuti oleh beberapa kriteris, diantaranya yaitu:

  1. Proses keluarnya bayi pada masa kehamilan mencukupi bulannya, yaitu sekitar 37-42 minggu.
  2. Lahir dengan spontan, yaitu proses kelahiran yang dilakukan dengan tenaga mengejan yang di lakukan dari ibu, tanpa adanya bantuan alat apapun.
  3. Proses persalinan berlangsung sekitar 12-18 jam.
  4. Tidak terjadinya komplikasi atau bahkan beberapa masalah yang kerap terjadi pada ibu ataupun bayi yang ada di dalam kandungan.

Nah, untuk proses kelahiran spontan, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh ibu hamil guna melangsungkan proses persalinan spontan, yaitu:

  1. Passage/jalan lahir

Tulang bagian panggul ibu hamil cukup luas guna di lewati oleh janin yang ada di dalam kandungan. Leher rahim akan membuka dengan kengkap, sampai proses pembukaan mencapai 10 cm.

  1. Power/tenaga mengejan

Kontraksi atau rasa mulas pada bagian perut akan di alami oleh ibu hamil dengan sendirinya tanpa adanya obat yang di gunakan. Ibu hanya harus cukup kuat mengejan ketika pembukaan telah dinyatakan lengkap.

  1. Passenger/bayi

Kepala bayi ada di bagian bawah , dengan presentasi kepala bagian belakang. Dan untuk taksirannya, berat janin yang normal sekitar 2.500-3.500 gram, dan untuk detak jantung janin yang normal taksirannya 120-160 bpm.

Nah, dalam tanda persalinan, kita juga mengenal empat kala, dan empat kala tersebut diantaranya yaitu:

  1. Kalla I atau fase pembukaan
  2. Kala II atau fase pengeluaran
  3. Kala III atau fase lahirnya plasenta
  4. Kala IV atau fase waspada

Itulah beberapa mengenai proses persalinan yang harus di pahami dengan betul, terutama oleh ibu yang saat ini tengah menjalani masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517