Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Gangguan kesuburan yang terjadi pada wanita atau bahkan laki-laki bisa diakibatkan oleh berbagai alasan gaya hidup sampai kesehatan. Dan umumnya yang menjadi penyebab susah hamil pada wanita yaitu karena adanya masalah ovulasi, dimana proses pelepasan telur yang matang yang setelah itu langsung berjalan menuju tuba falopi untuk di buahi.

Dan pertanda umum yang memperlihatkan penyebab sulit hamil yaitu adanya periode datang bulan yang tidaklah normal atau bahkan tidak teratur karena adanya masalah dalam ovulasi.

Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab wanita susah hamil yang memang dikarenakan oleh masalah ovulasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Menoupause Dini

Terjadinya kekurangan atau bahkan menghilangnya menstruasi akan ditandai dengan adanya folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Wanita akan memasuki masa menoupause jika fungsi dari ovarium serta datang bulan sudah terhenti. Dan menopause dini bisa terjadi karena adanya radiasi yang memang bisa memicu kekebalan tubuh dari wanita tersebut.

  1. Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Penyumbatan atau bahkan adanya jaringan perut disebabkan oleh meradangnya saluran tuba sehingga bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Adanya kerusakan tersebut disebabkan oleh infeksi penyakit yang menular, terutama menularnya oleh klamidia.

  1. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik ini atau PCOS adalah kondisi yang bisa mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen, dan salah staunya bisa menyebabkan gangguan terhadap kesuburan wanita. Adanya ketidakseimbangan ini bisa mengakibatkan PCOS menjadi bermasalah dengan ovulasi, sehingga bisa terganggunya siklus datang bulan.

  1. Endometriosis

Adanya jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim, dan kondisi ini bisa mempengaruhi indung telur, saluran telur, rahim serta fungsi dari sperma. Pada kasus yang ringan, mungkin saja konsepsi akan terjadi karena hanya ada beberapa wanita yang hanya mengalami gangguan kesuburan ini.

  1. Ovarium jaringan parut

Bukan hanya itu, adanya kerusakan fisi terhadap ovarium juga bisa mempengaruhi ovulasi yang terjadi pada wanita, terjadinya kerusakan ini bisa juga disebabkan oleh adanya pembedahan akibat terjadinya kista ovarium.

  1. Gaya Hidup

Kebiasaan Anda dalam menjalankan kehidupan yang tidak sehat juga bisa mempengaruhi kesuburan wanita ataupun laki-laki, dan salah staunya yaitu ketika Anda merupakan seorang pecandu rokok atau bahkan makanan cepat saji yang memang banyak mengandung lemak yang tidak sehat. Anda juga harus memperahtikan mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan gangguan terhadap kesuburan.

  1. Usia

Dan yang terakhir yaitu usia, karena usia juga bisa mempengaruhi kesuburan wanita atau bahkan kesuburan laki-laki. Wanita yang telah berusia lebih dari 40 tahun hanya akan memiliki jumlah sel telur yang memiliki kondisi tidak sehat serta lebih rendah, sehingga jika mengalami kehamilan di usia ini akan memiliki risiko mengalami keguguran yang lebih tinggi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517