Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Demam

Pada dasarnya demam adalah mekanisme tubuh dalam melawan penyakit, namun tetap saja kondisi ini seringkali mengkhawatirkan jika terjadi pada bayi. Banyak orangtua yang merasa khawatir ketika mendapati suhu tubuh anaknya naik secara drastis. Terkadang bingung dengan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Dalam hal ini Bunda harus mengetahui cara yang tepat dalam merawat bayi demam.

Suhu tubuh bayi yang naik secara drastis melebihi batas normal memang memerlukan penanganan yang benar sehingga tidak akan membahayakan kondisi si kecil. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanagan yang tepat dan meminta solusi untuk perawatan di rumah. Demam memang bukan kondisi yang serius namun setidaknya hal ini memerlukan penanganan yang tepat supaya tumbuh kembang si kecil tidak terganggu.

Berikut Ini Ada Beberapa Hal yang Sebaiknya Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Demam

Ukur Suhu Tubuh Si Kecil

Langkah pertama sebaiknya perhatikan peningkatan suhu tubuh si kecil saat demam. Sebaiknya Anda mengukur suhu tubuh si kecil menggunakan termometer khusus yang akurat. Dengan mengukur suhu tubuh maka kita akan mengetahui seberapa normal kenaikan suhu tubuh si kecil. Apakah masih dalam batas normal atau tidak.

Jaga Cairan Tubuh Si Kecil

Kenaikan suhu tubuh berisiko menyebabkan cairan tubuh berkurang atau dehidrasi. Kondisi ini sangat berbahaya tentunya. Sebaiknya Anda menjaga kondisi cairan tubuh si kecil dengan memberikan ASI. Meskipun si kecil menolaknya, tetap berikan ASI sedikit demi sedikit secara perlahan dan sering. Dengan begitu maka cairan tubuhnya akan terjaga dengan baik.

Buat Kondisi Si Kecil Senyaman Mungkin

Pada saat demam, usahakan supaya kondisi si kecil dibuat senyaman mungkin. Jika si kecil merasa nyaman maka tidak akan rewel dan kondisinya akan cepat membaik. Usahakan supaya suhu ruangan stabil dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan terlalu panas atau dingin. Bunda harus senantiasa memperhatikan suhu ruangan.

Konsultasi Dengan Dokter

Jika kondisi demam si kecil tak kunjung membaik maka berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi. Jangan sembarangan memberikan obat-obatan untuk bayi karena bisa membahayakan kesehatannya lebih parah lagi. Perlu Bunda ketahui bahwa bayi belum dianjurkan untuk mendapatkan asupan obat kimia.

Nah, demikian beberapa cara yang sebaiknya diperhatikan oleh para Bunda dalam menangani bayi demam. Jangan panik dan berkonsultasilah dengan dokter sehingga bisa mendapat solusi yang tepat guna memberikan perawatan yang benar. Jangan sesekali memberikan obat-obatan penurun panas karena bisa membahayakan.

Penangan demam pada bayi memang berbeda jauh dengan penanganan demam pada anak-anak dan orang dewasa. Diperlukan kehati-hatian sehingga tidak salah langkah yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Yang terpenting dalam hal ini tetap berikan ASI supaya tubuhj si kecil tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan ataupun nutrisi. ASI bahkan bisa menjadi obat yang baik untuk si kecil dalam melawan virus didalam tubuhnya.

Karena bukan masalah kesehatan yang serius maka Bunda tidak perlu risau ketika si kecil terkena demam. Yang terpenting berikan perawatan yang baik untuk si kecil. Dengan begitu maka kesehatan si kecil akan kembali pulih dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan yang serius. Demam juga bisa diindikasikan sebagai upaya tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi Bunda jangan khawatir. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Share This