Beberapa Hal yang Bisa Mempengaruhi Masa Subur Wanita Untuk Hamil

Semua orang pastinya mengetahui, bahwa masa subur wanita untuk hamil akan menurun seiring dengan bertambahnya usia mereka. Bahkan, gaya hidup serta beberapa faktor eksternal lainnya juga bisa mempengaruhi kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

Nah, di bawah ini ada beberapa faktor yang memang bisa mempengaruhi kesuburan wanita dan menjadi penyebab wanita susah hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Obesitas

Sebuah study yang telah di terbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menyebutkan, bahwa para wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di usia 18 tahun memiliki resiko yang jauh lebih tinggi mengembangkan sindrom ovarium polikistik (PCOS) serta memiliki masalah dalam kesuburan, dan itu menjadi salah satu penyebab susah hamil.

  1. Terlalu kurus

Kelebihan sama buruknya dengan kekurangan. Karena jika wanita memiliki berat badan yang terlalu kurus, juga memiliki efek buruk terhadap sistem kesuburan wnaita. Mengapa? Karena umumnya wanita yang memiliki berat badan yang sangat rendah akan kekurangan leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar serta perasaan kenyang.

Dan ketika wnaita memiliki leptin yang rendah, maka berkontribusi terhadap tidak adanya periode menstruasi. Dan hal ini diungkapkan juga oleh sebuah study yang telah di lakukan oleh Harvard University pada tahun 2009.

  1. Menua

Ketika seorang wanita mencapai masa menopausenya, umumnya di usia 40-50 tahunan, maka mereka tidak akan lagi berovulasi serta tidak akan lagi mampu untuk hamil kembali.

  1. Usia ibu saat menopause

Anda bisa mengajukan pertanyaan pada ibu Anda, berapa ibu Anda mengalami menopause. Jika beliau memasuki masa itu jauh lebih awal, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang serupa dengan beliau. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau Anda sudah menanyakan hal tersebut kepada ibu Anda.

  1. Bahan kimia rumah tangga

Bahan kimia yang berada di lingkungan rumah tangga Anda seperti pestisida dan sejenisnya mampu menurunkan kemampuan Anda untuk memiliki anak sampai 29%. Bahkan hal tersebut juga di benarkan dalam sebuah study yang telah di lakukan yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives.

  1. Merokok

Merokok juga di yakini mampu menurunkan tingkat kesuburan Anda, bahkan bisa merugikan janin yang tengah berkembang di dalam kandungan Anda. Maka dari itu, ketika Anda tengah merencanakan program kehamilan, maka sebisa mungkin Anda harus menjauhi asap rokok atau bahkan rokok itu sendiri.

Asap rokok umumnya mampu mengganggu keadaan hormon serta bhisa menyebabkan kerusakan DNA terhadap pria atau bahkan wanita, kata Dr Arredondo. “Paparan asap rokok bisa mengganggu fungsi endokrin yang membuat wanita mengalami masalah kesuburan,” tandasnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan Anda dan mengurangi kesempatan wanita untuk hamil. Jika setelah satu tahun Anda menikah, dan Anda masih belum mendapatkan momongan, maka tidak ada salahnya jika Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.

Related Posts

Share This