Beberapa Hal Penting Yang Harus Diketahui Saat Mengganti Popok Bayi

Menjaga kesehatan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting, terlebih lagi bagi bayi yang baru lahir. Sistem kekebalan tubuh bayi berbeda dengan anak-anak ataupun orang dewasa. Dalam hal ini sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya bisa berfungsi dengan baik sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit.

Salah satu bagian tubuh bayi yang rentan terkena penyakit yaitu pada bagian kulit. Hal ini karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga mudah terkena iritasi. Kebersihan kulit bayi harus senantiasa dijaga supaya tidak mudah lembab ataupun kering. Kondisi kulit bayi yang basah akan menyebabkan iritasi, bahkan pada kondisi yang parah akan menimbulkan infeksi. Bagian tubuh yang mudah terkena iritasi yaitu lipatan kulit disekitar selangkangan bayi yang tertutup oleh popok.

Mengganti Popok Bayi

Popok bayi yang basah dan kotor bisa menimbulkan masalah kulit apabila tidak segera diganti. Kondisi popok yang basah akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab iritasi. Maka dari itu sangat disarankan untuk segera mengganti popok bayi yang basah. Mengganti popok membutuhkan perhatian khusus dan harus dilakukan dengan cara yang benar. Selain itu, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mengganti popok bayi.

  • Perhatikan ukuran popok

Hal penting yang pertama untuk diketahui sebelum Anda membeli persediaan popok yaitu memilih ukuran popok untuk bayi. Pada sebagian kasus banyak orangtua yang membeli persediaan popok dalam jumlah yang banyak tanpa memperhatikan pertumbuhan bayi. Perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan bayi itu berjalan dengan sangat pesat. Maka dari itu sebaiknya Anda mempertimbangkan lagi jika ingin membeli persediaan popok dalam jumlah banyak. Ukuran popok yang tidak sesuai atau kekecilan akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, bayi juga akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan popok yang terlalu kecil.

  • Memilih tempat yeng benar ketika mengganti popok

Dalam mengganti popok bayi sebaiknya Anda menetukan tempat yang tepat dannyaman bagi bayi. Ketika bayi baru lahir mungkin Anda bisa melakukan hal tersebut di atas meja. Akan tetapi semakin bertambahnya usia bayi maka kegiatan tersebut akan sulit untuk dilakukan ditempat yang sama. Semakin bertambah usia bayi maka pergerakannya pun akan semakin aktif. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengganti popok sebaiknya pilihlah tempat seperti dilantai yang diberi alas kain. Mengganti popok diatas lantai lebih mudah dan aman bagi bayi.

  • Jangan mengabaikan kondisi popok yang sudah kotor

Terkadang sebagian orangtua mengabaikan kondisi popok yang sudah basah dan kotor. Mereka beranggapan hal tersebut tidak masalah selama bayi tidak menangis. Namun perlu Anda ketahui bahwa popok yang sudah basah dan kotor akan membahayakan kesehatan kulit bayi pada area tersebut. Bayi rentan terkena ruam popok yang menyebabkan iritasi dan infeksi. Nah, maka dari itu alangkah lebih baiknya apabila Anda segera mengganti popok yang basah supaya bayi terhindar dari penyakit yang membahayakan kesehatannya.

  • Segera lakukan penanganan bila terjadi masalah kulit

Ruam biasanya lebih sering terjadi pada bagian kulit yang tertutupi oleh popok. pada bagian tersebut kulit mudah lembab sehingga bakteri lebih mudah untuk berkembang. Kebiasaan buruk dalam membiarkan popok yang basah adalah salah satu pemicunya. Selain itu, seringkali ada sebagian orangtua yang mengabaikan ruam pada kulit bayi. Mereka beranggapan kalau ruam akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan penanganan yang serius. Perlu Anda ketahui bahwa ruam pada kulit bayi bisa dengan cepat menyebar dan semakin parah apabila tidak segera dilakukan penanganan. Untuk menangani ruam pada bayi, Anda bisa mengoleskan salep anti ruam. Apabila kondisinya semakin memburuk, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517