Beberapa Gangguan Pada Perkembangan Anak yang Harus Anda Waspadai

Hai bunda! Dalam perkembangan anak, Anda harus benar-benar memperhatikan kondisinya. Karena pada perkembangannya, si kecil akan mengalami beberapa gangguan jika Anda tidak memperhatikan dengan baik tumbuh kembang si kecil.

Lantas, apa sajakah gangguan yang bisa di alami oleh si kecil dalam tumbuh kembang anak? Di bawah ini ada beberapa gangguan terhadap perkembangan anak yang memang harus benar-benar Andda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Speech Delay (Gangguan Keterlambatan Berbicara)

Gangguan terhadap tumbuh kembang bayi atau anak yang pertama yaitu speech delay, speech delay yaitu gangguan kognitif yang terjadi pada si kecil yang mana mengganggu kemampuannya dalam berbicara. Bukan hanya itu, gangguan yang terjadi pada anak ini juga mampu menghambat segala bentuk hal yang memang erat kaitannya dengan produksi bahasa juga kata-kata pada anak, misalkan dalam berbicara, menulis juga lain sebagainya.

Hal ini dipengaruhi karena adanya pengaruh gadget pada si kecil, karena banyaknya mengkonsumsi gadget pada anak membuat interaksi sosial si kecil menjadi sangat berkurang serta mampu membentuk pribadiĀ  mereka yang cenderung lebih introvert serta individualis.

  1. Motoric Delay (Gangguang Keterlambatan Pekembangan Motorik)

Jika di lihat secara normal, proses perkembangan anak akan berlangsung secara berkelanjutan juga bertahap, walaupun kecepatan perkembangan ini sangatlah bervariasi serta berbeda-beda dari satu anak dengan anak yang lainnya. Akan tetapi, walaupun seperti itu, proses dari perkembangan motoric anak ini telah terancang secara genetic, sedangkan untuk faktor lingkungannya sangat mengambil pengaruh yang tidak begitu banyak.

Proses perkembangan motoric pada dasarnya sangat membutuhkan perkembangan otak yang optimal. Namun jika perkembangan otak si kecil tidak berkembang karena adanya beberapa gangguan, maka hal ini bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap keterlambatan motoric mereka.

  1. Gangguan Psikologis

Gangguan psikolog yang terjadi pada anak juga bisa meliputi gangguan emosi si kecil, prilaku, kinerja mental serta fungsi dari fisik si kecil. Masalah dalam gangguan psikolog ini juga bisa karena adanya sejumlah faktor yang mengganggunya, seperti pola pengasuhan yang diberikan oleh orangtua kepadanya, adanya masalah keluarga, trauma yang mendalam, penyakit kronis atau bahkan terjadinya suatu perpisahan yang membuat si kecil tidak mampu menahan beban tersebut dan tidak mampu menyalurkannya dengan cara yang baik.

  1. Gangguan Tidur

Adanya masalah jam tidur pada anak yang terlalu panjang atau bahkan terlalu singkat juga bisa mengindikasikan adanya gangguan tidur padanya. Gangguan tidur ini tidak bisa dianggap sebagai salah satu hal yang sepele, karena jika hal ini terjadi bisa berdampak terhadap perubahan yang mungkin saja memiliki efek yang akan merugikan terhadap kemampuan kognitif si kecil.

  1. Gangguang Kecemasan (Ansietas)

Rasa panic serta rasa takut merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada anak-anak, dan akan di katakana wajar jika hal tersebut masih berada di ambang batas wajar. Namun ketika si kecil sering terlihat dalam keadaan cemas, dan bahkan rasa cemas ini sampai merugikan mereka, misalkan sampai membuat mereka susah mendapatkan tidur yang nyaman, ketakutan untuk bertemu dengan orang lain dan lain sebagainya, maka hal tersebut harus benar-benar Anda waspadai dan segeralah minta bantuan terapis atau bahkan tenaga ahli untuk mengatasi hal tersebut.

Related Posts

Share This