Bayi Tidak Buang Air Besar? Inilah Tips Untuk Mengatasinya

Bayi tidak buang air besar terkadang membuat orangtua merasa khawatir. Perlu Anda ketahui bahwa buang air besar pada bayi memiliki waktu yang berbeda-beda. Pada keadaan normal bayi yang baru lahir di minggu pertama akan mengalami buang air besar sebanyak empat kali setiap harinya. Seiring dengan pertumbuhan anak dan menginjak usia 2 tahun maka lintensitas buang air besar akan berkurang yaitu menjadi dua kali setiap harinya.

Jika bayi kesulitan untuk mengejan pada waktu buang air besar, namun fesenya tidak encer maka hal tersebut tidak dikatakan sebagai gejala sembelit. Jika si kecil tidak buang air besar atau bahkan susah buang air besar maka sebaiknya lakukan tindakan berikut ini!

  1. Pijatan Lembut Pada Perut

Tindakan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi yang susah buang air besar yaitu dengan melakukan pijatan lembut pada bagian perut. Lakukan pijatan tersebut dari bagian tali pusar menuju kearah luar dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Gunakan minyak telon untuk memudahkan pijatan supaya tidak menyebabkan kulit bayi lecet.

  1. Perhatikan Susu Formula

Kesulitan buang air besar biasanya dialami oleh bayi yang mendapatkan susu formula. Maka dari itu takaran dan intensitas pemberian susu perlu diperhatikan. Jangan terlalu berlebihan karena sistem pencernaan bayi masih sensitif. Alangkah lebih baiknya jika bayi hanya diberikan ASI saja tanpa campur tangan susu formula.

  1. Pilih Susu Formula Yang Tepat

Bila keadaan menghasruskan si kecil untuk mendapatkan susu formula maka sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih produk. Perlu Anda ketahui bahwa sistem pencernaan bayi terkadang belum bisa menerima susu formula sehingga akan mengganggu pencernaanya. Pemilihan susu formula yang tepat perlu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah susah buang air besar pada bayi.

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Jika bayi Anda sudah berusia 6 bulan keatas dan mendapatkan MPASI maka perhatikan kecukupan serat dari makanan yang Anda berikan. Tambahkan sayuran dan buah-buahan dalam MPASI sebagai upaya untuk memperlancar pencernaanya. Pola asupan makanan akan mempengaruhi kesehatan dari sistem pencernaan si kecil. Selain itu, berikan juga asupan air putih yang mencukupi setiap harinya.

  1. Gerakan Ringan

Baringkan si kecil dengan posisi terlentang, lalu gerakan bagian kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Nah, gerakan ringan tersebut sangat berguna dalam membantu otot perut untuk bergerak sehingga akan memberikan tekanan yang memicu buang air besar.

Jika gejala susah buang air besar tak kunjung membaik maka bawalah si kecil ke dokter. Konsultasikan keluhan yang terjadi pada si kecil sebelum kondisinya semakin parah dan membahayakan kesehatannya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517