Bayi Step Bisa Diatasi Dengan Kopi, Benarkah?

Semua orangtua pastinya akan merasa khawatir, ketika anaknya secara tiba-tiba terserang penyakit. Lebih-lebih jika hal tersebut terjadi di tempat umum, pastnya orangtua akan sangat panik dengan kondisi seperti ini. Dan kejadian yang berlangsung secara tiba-tiba biasanya ketika si kecil terserang step. Kondisi bayi step atau kejang-kejang secara tiba-tiba merupakan salah satu kondisi yang umumnya akan membuat orangtua menjadi sangat khawatir. Namun sebaiknya, Anda tidak perlu khawatir, karena masih banyak cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi hal tersebut.

Banyak diantaranya orang-orang yang percaya, bahwa dengan memberikan kopi, si kecil bisa terhindar dari penyakit step. Dan pertanyaannya yaitu, apakah hal tersebut benar atau tidak? Dan apakah benar, kalau kopi mampu mencegah munculnya step pada bayi? Dan jawabannya adalah tidak, karena nyatanya kopi memiliki kandungan kafein yang jelas tidak baik untuk kondisi kesehatan tubuh.

Step atau kejang ini merupakan salah satu kondisi dimana lepasnya muatan listrik yang memang disebabkan oleh demam. Step atau kejang demam ini tergolong menjadi dua bagian, yakni kejang demam sederhana serta kejang demam kompleks. Dan biasanya kejang sederhana ini hanya akan terjadi 1 kali dalam sepanjang sejarah demam. Sedangkan untuk kejang kompleks, akan terjadi lebih dari 1 kali kejang dalam 1 episode demam.

Dan kebanyakan bayi hanya terserang kejang demam sederhana. Bahkan kejang jenis ini relatif tidak berbahaya, karena kejang jenis ini tidak akan menimbulkan komplikasi yang fatal yang memang bisa membahayakan kesehatan si kecil.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sebenarnya kopi ini memiliki kandungan kafein yang mana mampu merangsang kinerja sel syaraf. Namun ada satu hal yang memang penting untuk Anda ingat mengenai kandungan kafein, kandungan kafein ini bisa memberikan dampak yang baik jika di konsumsi sesuai dengan takarannya dan tidak di konsumsi dalam jumlah yang berlebih, karena jika di konsumsi dalam jumlah yang berlebih bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Karena hal inilah, si kecil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi. Karena cara mengatasi step pada anak  yang baik  yaitu dengan memberikannya obat anti panas atau obat penurun panas. Kejang demam yang dialami si kecil memang bisa membuat buah hati Anda mengalami suhu tubuh yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40 derajat selsius. Maka dari itu, jika suhu tubuh si kecil sudah mencapai kadar yang paling tinggi, maka sebaiknya Anda memberikan si kecil obat untuk menurunkan panas, bukan malah memberikan kopi yang jelas memiliki kandungan yang akan membahayakan kesehatan si kecil. Atau kalau memang diperlukan, Anda bisa langsung membawa si kecil ke dokter guna memperoleh penanganan yang tepat.

Related Posts

Share This