Bayi Membutuhkan Waktu Untuk Sendiri (Me Time)

Tidak hanya orang dewasa, ternyata ada saatnya bayi juga membutuhkan waktu untuk sendiri. Dalam hal ini berarti Anda memberikan kesempatan bagi si kecil untuk sendiri dan beristirahat. Selama memberikan waktu untuk sendiri, Anda harus tetap mengawasi dan jangan benar-benar meninggalkannya. Pada umumnya bayi tidak membutuhkan waktu lama untuk sendiri. Biasanya hanya beberapa menit saja berhenti dari aktivitas yang sedikit melelahkan.

bayi tidur

Sama halnya seperti orang dewasa, tujuan dari me time adalah untuk menghilangkan kepenatan dan beristirahat sejenak dari berbagai aktivitas. Dengan kata lain me time berarti waktu untuk menghibur diri sendiri. Bayi membutuhkan waktu untuk sendiri setidaknya beberapa menit setiap harinya. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan waktu sendiri pada bayi.

Anda bisa mengenali ciri-ciri kalau si kecil membutuhkan waktu sendiri melalui kontak matanya. Ketika Anda mengajaknya terus menerus bermain maka si kecil akan menghindari kontak mata dan membuat gerakan seperti menggeliat atau menangis. Nah, di situ Anda harus peka dan mengerti dengan isyarat yang ditunjukan oleh bayi. Itu berarti si kecil sudah mulai bosan dan membutuhkan waktu sendiri untuk istirahat sejenak.

Ketika si kecil sudah menunjukan tanda-tanda mulai bosan maka sebaiknya Anda menghentikan permainan dan memberikan kesempatan untuk si kecil beristirahat. Biarkan si kecil untuk menikmati waktu tenang dalam beberapa menit. Pada umumnya me time dibutuhkan oleh bayi untuk beristirahat atau tidur. Anda harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang sehingga bayi benar-benar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Tips Memberikan Me Time Untuk Bayi

Dalam memberikan waktu sendiri pada bayi, Anda harus benar-benar menciptakan suasana di ruangan tersebut senyaman mungkin sehingga bayi akan merasa tenang. Apabila suhu ruangan terlalu panas atau dingin maka sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan menaruh kipas angin ataupun mengganti baju si kecil. Disamping itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sehingga me time si kecil menyenangkan. Simak beberapa tips berikut ini!

  • Hindari aktivitas yang menimbulkan kebisingan. Jangan melakukan aktivitas yang akan menimbulkan kebisingan sehingga akan membuat waktu istirahat si kecil terganggu. Selain itu jangan menyalakan televisi atau pemutar lagu dengan suara yang kencang. Berikan kesempatan sepenuhnya bagi si kecil untuk beristirahat.
  • Biarkan bayi bermain sendirian. Me time tidak berarti harus tidur. Dalam hal ini berarti memberikan kesempatan pada bayi untuk melakukan aktivitas sendirian. Anda hanya mengawasi si kecil bermain dan jangan mencoba untuk ikut bermain dengannya karena akan mengganggu me time si kecil.
  • Jangan mengajak bermain. Setelah si kecil bangun tidur sebaiknya Anda tidak langsung mengajaknya bermain. Berikan kesempatan pada si kecil untuk bermain sendiri dan pahami isyaratnya. Ketika dia membutuhkan teman bermain biasanya akan menunjukan kontak mata yang tertuju pada Anda.
  • Jangan menggendong. Ketika si kecil bangun tidur dan tidak menangis maka biarkan dia menikmati suasana bangun tidur tersebut. Anda jangan terburu-buru untuk menggendongnya. Si kecil membutuhkan waktu sendiri untuk menikmati suasana bangun tidur sebelum akhirnya mencari keberadaan Anda.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memberikan waktu sendiri pada bayi. Me time mungkin terlihat sepele, namun berdampak positif bagi si kecil dalam mengatasi kebosanan. Waktu sendiri juga dibutuhkan si kecil untuk beristirahat. Dengan memberikan waktu sendiri maka akan meminimalisir kebiasaan si kecil yang rewel.

Related Posts

Share This