Bayi Masuk Panggul Tanda-tanda Persalinan Sudah Dekat

Tanda-tanda akan terjadinya proses persalinan bisa saja muncul dalam beberapa hari, satu minggu, atau bahkan satu hari sebelum janin yang ada di dalam kandungan lahir. Dan salah satu pertanda proses persalinan sudah dekat yaitu bayi masuk panggul. Banyak diantaranya ibu hamil yang terkecoh dan kerap kali memutuskan untuk pergi ke rumah sakit, namun ternyata masih di perbolehkan untuk pulang oleh dokter dikarenakan belum waktunya melahirkan.

Dan itulah alasan mengapa ibu hamil sebaiknya mengenali tanda-tanda kalau proses persalinan sudah dekat dan mengenali tanda bayi masuk panggul. Dan berikut ini ada beberapa pertanda kalau proses persalinan sudah mulai dekat, yaitu sebagai berikut:

  1. Pembukaan

Proses persalinan semakin dekat ketika adanya proses pembukaan mulut rahim yang ditandai dengan keluarnya lendir dari area kewanitaan yang berwarna merah atau bahkan kecoklatan. Tektur dari lendi ritu seperti lendir ingus yang sangat kental. Hal itu terjadi karena adanya proses pelunakan, pelebaran, serta proses penipisan mulut rahim.

Umumnya, hal ini akan disertai dengan rasa nyeri di bagian perut, dan umum juga terjadi pada ibuhamil yang mengalami kehamilan pertama. Rasa nyeri ini terjadi karena adanya tekanan terhadap panggul, saat kepala janin turun atau janin masuk panggul, dan itu sebagai akibat kelanjutan melunaknya bagian rahim. Bahkan ibu akan sering mengalami berkemih serta merasa ingin buang air besar.

  1. Kontraksi

Menjelang proses persalinan, biasanya ibu hamil juga akan mengalami kontraksi yang sangat teratur. Kontrksi ini akan terjadi pada sejumlah otot yang ada di bagian rahim, sebagai pengaruh dari adanya peningkatan produksi hormon oksitosin menjelang proses persalinan. Kontarksi ini merupakan proses dimana akan mendorong janin untuk keluar secara perlahan.

Baca Juga:  Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

Kontraksi yang di alami oleh ibu hamil akan di rasakan semakin sering, semakin lama waktu yang di rasakan, serta semakin kuat terasa. Hal ini selalu disertai dengan perasaan nyeri serta keram di bagian perut. Bahkan keadaan perut ibu hamil juga dirasa semakin kencang.

  1. Pecah ketuban

Salah satu pertanda kalau persalinan mulai dekat yaitu pecahnya mebran atau ketuban kala kanting amniotik pecah. Telah kita ketahui, bahwa di dalam selaput ketuban yang akan membungkus janin yang ada di dalam kandungan, terdapa salah satu cairan yang disebut dengan cairan ketuban, dan cairan ketuban ini berfungsi sebagai bantalan janin agar janin bisa terlindungi ketika mereka bergerak dengan bebas di dalam kandungan.

Umumnya cairan ketuban ini memiliki warna kuning, tidak memiliki bau, serta akan terus keluar sampai ibu melahirkan. Dan keluarnya cairan ketuban yang berasal dari jalan lahir ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517