Bahayakah Radang Panggul Bagi Wanita?

Radang panggul merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang organ reproduksi wanita yang mana diakibatkan oleh adanya infeksi yang terjadi dari sejumlah penyakit yang menular, seperti gonorea dan klamidia. Penyakit radang panggul ini memang memiliki banyak dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan kaum wanita. Bahkan beberapa dampak dari penyakit ini berasal dari jenis radang panggul yang sudah sangat akut. Dan diantaranya yaitu penyakit radang panggul akut bisa menyebabkan kemandulan pada wanita, bisa mengakibatkan kerusakan terhadap pembuluh darah kecil yang mana bisa mengakibatkan penyakit ginjal, serta mampu membuat psikologi seoarng wanita yang memiliki penyakit ini menjadi terganggu.

radang panggul

Penyakit radang panggul ini terjadi ketika adanya keterlambatan dalam pengobatan penyakit ini. Dan akibatnya, infeksi yang diakibatkan oleh bakteri akan terus berkembang yang dimulai dati tuba falopi sampai menuju rahim. Jika melihat dampak dari penyakit panggul ini yang memang sangat berbahaya, sebaiknya Anda mencoba untuk mengkonsultasikannya kepada dokter.

Di bawahini ada beberapa hal yang harus Anda pahami terkaiy penyebab utama terjadinya radang pada panggul, yaitu sebagai berikut:

  1. Hubungan seksual seusai melahirkan

Setelah ibu hamil melangsungkan proses persalinan dan berhasil melahirkan bayi yang ada di dalam kandungan, biasanya saluran keluarnya bayi juga rahim akan mengalami luka. Jika hal ini terjadi, maka jika seorang wanita melakukan hubungan intim, maka bisa luka tersebut bisa terinfeksi oleh bakteri pathogen dan menyebabkan penyakit radang panggil.

  1. Usia wanita

Jika seoarng wanita melakukan hubungan intin di usianya yang masih di bawah 25 tahun, maka hal ini sangat memungkinkan ia akan sangat rentan mengalami penyakit radang panggul, hal ini dikarenakan kondisinya leher rahimnya masih belum siap.

  1. Berganti – ganti pasangan

Jika Anda seoarng wanita sering bergonta-ganti pasangan dalam melakukan suatu hubungan yang intim, maka hal ini bisa memperbesar kemungkinan terjadinya penyakit radang panggul. Hal ini terjadi karena organ reproduksi pasangan ketika melakukan hubungan seksual bisa saja dalam keadaan tidak sehat.

  1. Riwayat keluarga

Penyakit radang panggul ini juga bisa terjadi karena adanya faktor keturunan dari keluarga yang juga memang memiliki penyakit yang sama, maka kemungkinan besar wanita tersebut juga akan terkena penyakit radang panggul, dan penyakit ini akan menyerangnya 4 kali lipat dari wanita biasa.

Nah, uraian di atas merupakan penyebab utama terjadinya radang panggul pada wanita. Untuk gejala penyakit radang panggul ini, bisa di alami oleh wanita yang mengidapnya secara beragam. Diantaranya yaitu rasa nyeri di daerah sekitar perut, perasaan yang selalu kedinginan, sering keluar bercak darah dari bagian rahim dan masih banyak lagi gejala-gejala lainnya yang di timbulkan oleh penyakit radang panggul ini.

Related Posts

Share This