Bahayakah Asma Pada Ibu Hamil?

Banyak diantaranya para wanita yang bertanya, apakah asma pada ibu hamil akan membahayakan janin dalam kandungan? Sebenarnya, asma yang terkontrol dengan sangat baik, umumnya tidak akan menjadi satu masalah yang besar dalam kehamilan, dan tidak akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Penyakit asma pada kehamilan juga bisa dikategorikan dari asma yang ringan sampai asma yang parah, dan kehamilan tidak akan memberikan pengaruh apapun terhadap derajat parahnya penyakit asma.

Guna mencegah terjadinya komplikasi terhadap kehamilan, maka sebaiknya bagi ibu hamil yang menderita penyakit asma, Anda harus lebih rutin untuk menjadwalkan diri berkonsultasi dengan dokter dan hindarilah sejumlah faktor yang memang bisa menyebabkan asma Anda kumat.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa kesehatan kehamilan sangat perlu Anda jaga dan perhatikan dengan baik. Dan jika olahraga atau bahkan beberapa aktivitas fisik tidak termasuk kedalam golongan faktor pencetus asma, maka Anda tetap bisa melakukan beberapa latihan rutin atau bahkan aktivitas fisik yang teratur, dan itu sangat baik untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda.

Anda bisa melakukan beberapa bentuk olahraga ringan, dan Anda bisa melakukan 30 menit setiap harinya dengan melakukan pemanasan serta pendinginan masih-masing selama 5 menit saja. Dan itu akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh juga janin yang ada di dalam kandungan walaupun Anda memiliki penyakut asma.

Bukan hanya itu, ternyata olahraga yoga juga sangat baik di lakukan oleh penderita asma, terutama ibu hamil. Karena dalam yoga terdapat beberapa latihan yang ditujukan untuk pernapasan. Nah, Anda bisa mencoba untuk mendaftarakan diri untuk mengikuti kelas prenatal yoga dengan instruktur yang memang telah bersertifikat.

Jika Anda merasa gerakan-gerakan yoga yang diberikan terlalu berat untuk Anda lakukan, mungkin Anda juga bisa mencoba untuk berlatih Tai Chi, yaitu olahraga bela diri yang memang menitik beratkan pada latihan pernapasan. Namun sebelumnya, alangkah lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, agar Anda mengetahui kondisi janin Anda, apakah baik untuk di ajak melakukan beberapa aktivitas yang akan Anda lakukan.

Jika dilihat dari asupan gizi juga nutrisi, sebenarnya tidak ada pantangan yang khusus bagi ibu hamil yang menderita asma, terkecuali kalau Anda harus menghindari beberapa jenis makanan atau bahkan minuman yang memang menjadi pemicu munculnya alergi juga asma.

Dan itulah bahasan mengenai ibu hamil yang menderita penyakit asma. Dan ternyata, penyakit asma yang diderita ibu hamil tidak akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Walaupun ibu hamil menderita penyakit asma, namun tetap, janin yang ada di dalam kandungan masih bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, dengan catatan ibu hamil tetap bisa memperhatikan asupan nutrisi yang di butuhkan juga menjaga kondisi tubuh agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Related Posts

Share This