Bahaya Wasir Saat Persalinan yang Wajib Anda Ketahui

Ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan, akan banyak sekali beberapa hal yang sebelumnya dianggap sepele namun menjadi suatu hal yang lebih serius. Dan salah satu hal tersebut yaitu wasir yang terjadi di masa kehamilan atau disebut juga dengan ambeien atau hemorrhoid. Ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga sampai saatnya proses persalinan berlangsung, biasanya penyakit ini akan muncul dan bisa mengganggu ibu hamil.

Wasir adalah gangguan yang terjadi pada pembuluh darah yang berada di daerah rectum atau anus, yang biasanya berupa terjadinya pembengkakan. Bentuk dari wasir ini bervariasi, bisa berupa bulatan yang menonjol atau bahkan lembaran yang keluar melalui anus, atau bahkan hanya bisa dirasakan perih di bagian dalam anus. Selama masa kehamilan, wasir ini memang sangat mengganggu ibu hamil. Namun bukan hanya itu, ketika proses persalinan, wasir juga bisa membahayakan. Lantas, apa saja bahaya wasir ketika proses persalinan?

Mekanisme terbentuknya penyakit wasir di usia kehamilan trimester ketiga bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Adanya pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim terus menekan pembuluh darah yang ada di bagian panggul serta daerah vena cava inferior yang ada di bagian kanan tubuh.
  2. Dikarenakan hal tersebut, maka laju sirkulasi darah akan melambat di bagian bawah tubuh.
  3. Dan akibatnya, tekanan terhadap pembuluh darah yang berada di bagian rahim menjadi semakin meningkat, dan akhirnya pembuluh darah yang berada di bagian rectum menjadi membengkak.

Bukan hanya itu, penyakit wair juga terjadi karena adanya kenaikkan berat badan, terutama di bagian perut yang berubah secara drastic di usia kehamilan trimester tiga. Bahkan melakukan posisi yang sama dalam waktu yang lama seperti berdiri atau bahkan duduk di trimester tiga bisa menyebabkan munculnya wasir selama kehamilan.

Dan untuk bahaya penyakit wasir saat proses persalinan yaitu tidak mampunya ibu hamil melakukan proses persalinan yang normal. Mengapa? Karena jika terus di paksa melakukan persalinan normal, maka ketika ibu mengejang wasir yang ada pada ibu hamil bisa bertambah parah. Dan jika seperti itu, maka penyakit wasir ini akan jauh lebih susah di sembuhkan, dan tidak mustahil kalau operasi dalam proses pemotongan wasir merupakan satu hal yang sangat menyakitkan, terutama bagi ibu hamil. Mengapa? Karena ketika saat serta pasca operasi, ibu hamil tidak akan bisa menggunakan pain kliner dalam jumlah yang banyak, karena bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Oleh karena itu, ketika penyakit wasir masih ada ketika hamil hingga menjelang proses persalinan, maka salah satu cara yang tepat yaitu menjalankan persalinan dengan operasi cesar. Dan pastinya hal ini sangat meningkatkan bahaya wasir ketika proses persalinan terhadap Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517