Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Mungkin Anda sering mendengar, kalau minum air putih itu harus dalam jumlah yang banyak, semakin banyak meminum air putih maka akan semakin sehat pula kondisi tubuh kita. Umumnya, minum air putih yang baik yaitu sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Dan jika Anda lebih banyak melakukan aktivitas, maka itu akan lebih baik.

Memang benar, tubuh manusia sangat membutuhkan banyak cairan. Karena cairan tersebut berfungsi untuk membantu sejumlah sel-sel dalam tubuh bekerja, organ juga beberapa jaringan yang ada di dalam tubuh manusia.

Namun, jika Anda terlalu banyak mengkonsumi atau minum air putih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dan berikut ini ada beberapa daftar bahaya jika Anda terlalu banyak atau terlalu berlebih meminum air putih, yaitu sebagai berikut:

1. Merusak Komposisi Darah

Jika tubuh kita menerima asupan cairan dalam jumlah yang berlebihan, maka bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap kekentalan darah yang ada di dalam tubuh Anda, sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

2. Gangguan Peredaran Darah

Nah, terlalu banyak minum air putih bisa mempengaruhi kekenatalan darah, jika kekentalan darah yang ada di dalam tubuh terganggu, maka bisa berdampak pula terhadap terganggunya sistem peredatan darah yang ada tersalur kebeberapa jaringan tubuh.

3. Pembengkakan Sel Tubuh

Bukan hanya itu, ternyata tingkat kekentalan darah yang ada di dalam tubuh juga bisa menurunkan tingkat sodium dalam tubuh juga. Dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan terhadap sel yang ada di dalam tubuh Anda.

4. Mengakibatkan Pingsan

Resiko lainnya jika Anda terlalu banyak minum air putih yaitu Anda akan mengalami kesadaran diri, seperti pingsan, kejang-kejang bahkan hal buruk lainnya yaitu Anda bisa mengalami koma dalam beberapa waktu. Sangat ironis bukan?

5. Menyebabkan Kematian

Namun masih ada bahaya yang paling buruk ketika Anda terlalu banyak meminum air putih, terutama dari pembengkakan sel yang ada di dalam tubuh terutama otak, yakni bisa mengantarkan Anda kehilangan nyawa Anda. Tekanan air yang ada di dalam darah patsinya bisa meningkatkan volume darah Anda yang ada di dalam tubuh. Sehingga, kondisi ini nantinya akan memaksa bagian organ ginjal untuk bekerja lebih keras lagi dari biasanya guna mengurangi kadar atau jumlah air yang ada di dalam sistem sirkulasi tubuh Anda. Bahkan, menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH), kira-kira ada sekitar 1600 kasus orang-orang yang meninggal di seluruh dunia yang diakibatkan terlalu banyak minum air putih.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa minum air putih memang menyehatkan, jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun hal tersebut akan berbalik menjadi hal yang buruk, jika Anda meminum nya dalam jumlah yang berlebih.

Related Posts

Share This