Bahaya Tape Singkong Untuk Ibu Hamil, Inilah Alasannya!

Selektif dalam memilih makanan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Karena bagaimanapun setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan diserap oleh janin melalui plasenta dan akan berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang larangan mengkonsumsi tape singkong untuk ibu hamil.

Larangan mengkonsumsi tape bagi ibu hamil masih menjadi pro dan kontra. Sebagian berpendapat bahwa mengkonsumsi tape pada waktu hamil akan membahayakan kandungan dan menyebabkan keguguran karena mengandung alkohol. Namun, pendapat lain mengemukakan bahwa mengkonsumsi tape pada waktu hamil boleh-boleh saja dengan catatan tidak berlebihan.

Untuk menjawab pertanyaan “bolehkah ibu hamil makan tape?”, sejenak kita menengok tentang efek samping yang akan terjadi pada ibu hamil jika mengkonsumsi tape. Perlu Anda ketahui bahwa tape merupakan salah satu jenis makanan olahan hasil fermentasi. Semakin lama proses fermentasi tersebut maka kandungan alkoholnya semakin tinggi.

Alasan Kenapa Tape Dilarang Bagi Ibu Hamil

  1. Menyebabkan fungsi hati terganggu

Menurut sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi tape pada waktu hamil sangat beresiko menyebabkan kegagalan fungsi hati pada janin. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena alkohol yang berasal dari tape akan masuk ke dalam tubuh janin melalui plasenta sehingga mengancam kesehatan dan fungsi hati. Jika hal ini terjadi maka janin akan terlahir dengan penyakit kuning dan bahkan pada kondisi yang lebih buruk bisa mengakibatkan kematian pada janin di dalam kandungan.

  1. Mengakibatkan foetal alcohol spectrum disorder

Ibu hamil yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol atau mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol maka sangat beresiko menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi. Hal ini karen alkohol akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin di dalm kandungan. Disamping itu sindrom FAS akan menyebabkan gangguan perilaku pada bayi.

  1. Menyebabkan attention deficit hyperactive disorder

Menurut beberapa pakar mengemukakan bahwa mengkonsumsi tape pada waktu hamil bisa menyebabkan attention deficit hyperactive disorder (ADHD) pada anak. ADHD merupakan kelainan pada anak yang mengakibatkan sulit berkinsentrasi atau hiperaktif.

Demikian penjelasan singkat seputar bahaya tape bagi ibu hamil. Pada dasarnya setiap makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Sebisa mungkin ibu hamil harus menjauhi makanan yang mengandung alkohol supaya tumbuh kembang janin tidak terganggu.

Terkait dengan kandungan alkohol pada tape, sebaiknya ibu hamil jangan coba-coba untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini pada waktu hamil. Pilihlah jenis makanan sehat dan bergizi yang berguna untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Dengan begitu, kesehatan ibu hamil dan janin tidak akan terganggu sehingga terhindar dari cacat atau kelainan pada waktu lahir.

Related Posts

Share This