Bahaya Penggunaan Antibiotik Untuk Bayi

Apakah Anda sering memberikan antibiotik ketika si kecil sakit? Tahukah Anda pengaruh antibiotik untuk bayi? Antibiotik adalah senyawa yang dihasilkan oleh mikroba melalui proses secara sintetis kimia. Fungsi dari antibiotik yaitu untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dalam hal ini antibiotik berperan penting untuk menghambat proses metabolisme dari bakteri.

Kebanyakan orang menganggap bahwa antibiotik adalah obat untuk menangani berbagai macam penyakit sehingga penggunaan antibiotik menjadi hal yang lumrah. Penggunaan antibiotik secara nterus menerus tentunya akan berdampak terhadap imunitas tubuh. Terlebih lagi jika penggunaan antibiotik diterapkan pada bayi dan anak-anak.

Sebenarnya penggunaan antibiotik tidak berbahaya jika sesuai dengan ketentuan. Hanya saja pada kebanyakan kasus, banyak orang yang menggunakan antibiotik sebagai kebiasaan dalam mengatasi suatu penyakit. Nah, lalu apa saja bahaya antibiotik jika diterapkan pada bayi atau anak-anak?

Pengaplikasian antibiotik di masyarakat biasanya untuk mengatasi gangguan penyakit ringan seperti flu ataupun pilek. Bahkan sebagian orang mengaplikasikan antibiotik untuk menangani gangguan kesehatan pada anak usia balita. Yang paling mengkhawatirkan adalah antibiotik diberikan ketika si kecil terkena flu atau pilek yang tidak terlalu parah.

Memberikan antibiotik sembarangan dan terlalu sering akan berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh anak. Bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh akan menjadi resisiten dan semakin ganas. Penggunaan antibiotik secara terus menerus akan memberikan efek jangka pendek dan bahkan efek samping dalam jangka panjang terhadap pertumbuhan si kecil.

Bahaya lain penggunaan antibiotik untuk bayi yaitu kerusakan atau gangguan pada organ tubuh anak. Hal ini karena sistem kekebalan dan sistem organ anak belum sepenuhnya berfungsi secara sempurna sehingga sangat rentan terjadi kerusakan.

Gangguan yang terjadi pada organ tubuh anak diantaranya yaitu gangguan ginjal, fungsi hati, gangguan darah, sumsum tulang belakang dan lain sebagainya. Pada kondisi ringan mungkin si kecil akan mengalami alergi dan ruam. Sedangkan pada kondisi yang lebih parah bisa mengakibatkan sesak nafas dan bahkan mengancam jiwa si kecil.

Bahaya antibiotik yang lainnya yaitu:

  • Kerusakan tulang. Penggunaan antibiotik pada anak-anak bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan ktulang dan kerusakan tulang rawan.
  • Menurunkan imunitas anak. Antibiotik secara perlahan akan membunuh bakteri baik di dalam tubuh sehingga rentan menyebabkan imunitas anak menurun.
  • Menyebabkan grey baby syndrome dan fatal toxic syndrome. Dalam hal ini antibiotik bisa mengganggu pertumbuhan si kecil dan bahkan bisa menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan tubuhnya.

Itulah beberapa bahaya antibiotik untuk bayi dan anak-anak yang perlu Anda waspadai. Jika si kecil hanya mengalami gangguan kesehatan ringan sebaiknya tidak perlu diberikan obat-obatan atau antibiotik. Gunakan ramuan alami atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517