Bahaya Paracetamol yang Wajib Anda Ketahui

Paracetamol. Demam bisa saja terjadi karena adanya bagian tubuh yang bereaksi karena adanya luka, atau bahkan suatu pertanda kalau kondisi tubuh ada dalam kondisi yang kurang baik. Umumnya, demam ini akan disertai dengan tubuh yang terasa sangat nyeri serta terasa capek, dan ketika kondisi itu kita rasakan, kita akan lebih memilih untuk mengkonsumsi paracetamol untuk meredakan rasa sakit dan tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan pihak medis.

Paracetamol ini bisa dengan mudah Anda temui di toko obat yang banyak beroperasi di sepanjang jalan. Namun apakah Anda tahu, kalau ternyata mengkonsumsi paracetamol ini bisa berbahaya untuk kesehatan Anda? Mungkin hal ini tidak masuk akal, namun nyatanya mengkonsumsi paracetamol dalam jumlah yang cukup banyak dapat membahayakan kesehatan tubuh, dan berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi paracetamol untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi paracetamol secara rutin, walau dengan dosis yang teratur bisa membahayakan kesehatan jantung Anda, ginjal, pendarahan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya stroke dalam usia yang masih dini.

2. Ketika Anda mengkonsumsi obat paracetamol dengan tujuan meredakan panas demam Anda, maka bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti munculnya bintik-bintik putih di sekitar mulut juga bibir.

3. Bahkan, jika Anda terlalu sering mengkonsumsi obat paracetamol tanpa konsultasi terlebih dahulu pada dokter, maka bisa menyebabkan ruam juga gatal-gatal. Parahnya lagi, bisa menyebabkan pendarahan.

4. Dalam kondisi yang terbilang normal, paracetamol ini tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya untuk kesehatan, namun jika kondisinya ada dalam keadaan yang tidak baik, maka bisa menyebabkan kerusakan pada daerah hati.

5. Bukan hanya itu, ketika ketika Anda mengkonsumsi paracetamol dalam dosis yang berlebih, maka bisa menyebabkan tingkat kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang.

6. Obat paracetamol juga mampu mengganggu sistem kinerja juga perkembangan otak si kecil, maka dari itu, jika si kecil mengalami demam, Anda tidak dianjurkan untuk memberikannya paracetamol tanpa resep dari dokter.

7. Kondisi mata dan kulit Anda juga akan menjadi kuning jika Anda mengkonsumsi paracetamol dalam dosis yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa bahaya dari mengkonsumsi paracetamol untuk kesehatan yang memang sangat penting untuk Anda ketahui, agar Anda bisa lebih waspada dengan beberapa hal yang memang tidak Anda inginkan.
Sebenarnya mengkonsumsi obat paracetamol itu tidaklah akan membahayakan kesehatan, selama Anda mengkonsumsi obat tersebut dalam dosis yang tepat yang memang sesuai dengan anjuran dokter. Maka dari itu, jika Anda memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan paten, maka sebaiknya Anda periksakan diri pada dokter.

Walau sebenarnya mengkonsumsi obat-obatan alami lebih baik jika di bandingkan dnegan mengkonsumsi obat-obatan paten seperti paracetamol untuk mengatasi demam atau bahkan sakit kepala yang Anda rasakan. Karena pada kenyataannya, obat-obatan alami tidak akan memberikan efek buruk yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Related Posts

Share This