Bahaya Minuman Soda Untuk Ibu Hamil

Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan serta perkembangan janin di dalam kandungan. Pada waktu hamil ada beberapa jenis makanan/minuman yang dilarang dan ada juga yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai bahaya mengkonsumsi minuman soda untuk ibu hamil.

Minuman bersoda pada umumnya mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa minuman tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil. Dampak negatif minuman soda untuk ibu hamil dan janin tentunya sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus. Apa saja bahaya minuman soda untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya!

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Salah satu bahaya soda bagi ibu hamil yaitu memicu tekanan darah tinggi. Sama halnya dengan kopi ataupun teh, minuman soda juga memiliki kandungan kafein cukup tinggi. Kafein bisa memicu kinerja jantung secara tidak beraturan sehingga hal ini bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Gangguan kesehatan tersebut bisa mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan dan beresiko mengakibatkan kelahiran prematur.

  1. Obesitas

Minuman bersoda umumnya mengandung pemanis buatan yang berpotensi mengakibatkan kenaikan berat badan secara drastis pada ibu hamil. Kelebihan berat badan (obesitas) selama hamil tentunya akan berdampak terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Hal ini karena penumpukan lemak akan menghambat sirkulasi darah sehingga asupan nutrisi untuk janin akan terganggu. Obesitas juga bisa menghambat proses persalinan.

  1. Resiko osteoporosis

Kandungan asam fosfat di dalam minuman bersoda sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus akan memicu peningkatan asupan posfor ke dalam tubuh. Kondisi tersebut tentunya akan menghambat penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga beresiko menyebabkan osteoporosis pada ibu hamil.

  1. Melemahkan sistem imun

Bahaya soda bagi ibu hamil yang selanjutnya yaitu melemahkan sistem kekebalan tubuh. Asupan gula yang terlalu tinggi ke dalam tubuh akan melemahkan kinerja sel darah putih yang berperan penting dalam melawan bakteri jahat. Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus maka akan melemahkan sistem imun ibu hamil dan beresiko mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan.

Tidak hanya minuman bersoda, pada dasarnya minuman yang mengandung pemanis buatan dan alkohol tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena beresiko terhadap kesehatan serta perkembangan janin. Untuk menjaga kesehatan selama hamil sebaiknya mengkonsumsi minuman sehat seperti jus buah ataupun air putih.

Menjaga kesehatan selama hamil menjadi suatu keharusan bagi ibu hamil. Banyak hal yang harus diperhatikan pada masa kehamilan, baik itu dari segi makanan ataupun aktivitas yang dilakukan sehari-hari yang akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517