Bahaya Minum Soda Untuk Kesehatan Tubuh

Tanpa disadari banyak jenis makanan dan minuman yang terbilang enak namun tidak mengandung nutrisi bagi tubuh. Salah satu contohnya yaitu minuman bersoda. Pada saat ini minuman bersoda nampaknya sudah menjadi gaya hidup masyarakat di perkotaan. Hal ini terkaita dengan sensai minuman bersoda yang sangat menyegarkan jika dikonsumsi. Namun jika dikaji lebih jauh ternyata bahaya minum soda akan menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan.

Pada zaman modern saat ini, produk minuman bersoda yang dijual dipasaran memang sangat beragam. Harganya yang terjangkau membuat minuman jenis ini sangat mudah didapatkan. Terlebih lagi saat ini produknya semakin bervariasi dan menarik. Dalam hal ini kita dituntut untuk lebih bijak sebab jika konsumsi soda secara berlebihan maka kita sendiri yang akan merasakan dampak minuman bersoda.

Nah, Berikut Ini Dampak Negatif Kebiasaan Mengkosumsi Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

  • Resiko Serangan Jantung

Gaya hidup dan kebiasaan mengkonsumsi soda berkaitan erat dengan resiko peningkatan serangan jantung. Hal ini berdasarkan sebuah riset di Miami, menemukan bahwa kebiasaan mengkosumsi soda meningkatkan resiko serangan jantung sekitar 44% lebih besar apabila dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi minuman tersebut.

  • Berat Badan Berlebih

Minuman bersoda mengandung kadar gula cukup tinggi. Selain beresiko terhadap penyakit diabetes, ternyata konsumsi soda terlalu sering bisa menyebabkan kenaikan berat badan tak terkontrol. Bahkan apabila kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda melebihi dua kaleng setiap harinya maka hal ini meningkatkan dua kali resiko obesitas.

  • Resiko Diabetes

Orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi soda setiap hari sangat beresiko terhadap penyakit diabetes. Seperti halnya yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa minuman bersoda tinggi akan kandungan gula. Jika konsumsinya terlalu banyak maka resiko penyakit diabetes tidak bisa dihindari lagi.

  • Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Minuman bersoda sangat beresiko menurunkan pH tubuh sehingga rentan menyebabkan tumbuhnya jerawat dan membuat kulit cenderung menjadi kusam dan lebih mudah keriput. Permasalahan kulit ini akan semakin memburuk seiring dengan konsumsi soda yang terus menerus.

  • Mempengaruhi Mood

Aspartam yang terkandung pada minuman bersoda beresiko menyebabkan sakit kepala sehingga hal ini memicu perubahan mood. Bahkan perlahan-lahan akan memicu gejala stres dan depresi yang berkepanjangan.

Itulah sekilas tentang bahaya minuman bersoda untuk kesehatan. Bagi Anda yang saat ini memiliki kebiasaan dalam mengkonsumsi minuman tersebut, mulailah untuk bersikap bijak sebelum akhirnya menimbulkan resiko yang lebih buruk lagi.

Batasi konsumsi minuman yang mengandung soda atau jika memungkinkan cobalah secara perlahan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Tekad yang kuat tentunya akan membuat Anda mampu untuk mengontrolnya. Hal ini tidak lain untuk menghindarkan Anda dari resiko gangguan kesehatan yang sangat berbahaya.

Related Posts

Share This