Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Apakah ketika Anda hamil, Anda memiliki kegemaran mengkonsumai mie instan? Kabarnya, mie instan merupakan jenis makanan yang aman untuk di konsumsi keluarga dengan catatan dalam jumlah yang tidak berlebihan serta cara pemasakan yang benar. Namun apa kabar dengan ibu yang tengah hamil, apakah ibu hamil baik mengkonsumsi mie instan? Seperti apa bahaya mie instan bagi ibu hamil?

Nah, di bawah ini ada beberapa bahaya mie instan untuk ibu hamil yang sebaiknya Anda hindari. Apalagi ketika kehamilan Anda masih dalam masa trimester pertama, dimana janin yang ada di dalam kandungan masih rentan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kandungan garam terlalu tinggi

Apakah Anda sering kali merasakan asin bahkan gurih ketika menyantap mie instan? Sebenarnya mie instan boleh di konsumsi, namun kandungan garam yang ada di dalam mie instan yang jelas sangat tinggi ini tidak baik untuk kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, sehingga hal ini bisa meningkatkan tekanan darah tinggi terhadap ibu hamil. Bukan hanya itu, asuoan garam yang tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan kaki bengkak serta dampak buruk kesehatan lainnya.

  1. Penumpukkan lemak

Anda harus lebih berhati-hati lagi ketika mengkonsumsi mie instan, karena dengan Anda rutin mengkonsums mie instan akan mempercepat meningkatkan berat badan Anda. Kandungan lemak yang tinggi serta kandungan sodium yang ada di dalam mie instan bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah yang besar, dan kandungan lemak jenuh tidak bisa di serap oleh tubuh, sehingga lemak akan semakin menumpuk serta berubah menjadi lemak tubuh. Maka dari itu, tidak heran bagi Anda yang sering mengkonsumsi mie instan memiliki bobot tubuh yang besar.

  1. MSG

MSG atau Mono Sodium Glutamat yang banyak terkandung di dalam mie instan bisa mencetus terjadinya reaksi hipersensitif pada ibu hamil, misalkan seperti menyebabkan lemas, muntah hingga sakit kepala juga mual. Memang benar, mie instan sangat praktis dan mudah untuk di masak, sehingga sangat cepat untuk menyajikannya. Namun jika kita mengingat kandungan beberapa zat kimia yang ada di dalamnya, maka akan muncul beberapa dampak buruk yang memang seharusnya di hindari oleh ibu hamil.

Lantas, jika seperti itu apakah ibu hamil boleh makan mie instan? Sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan di konsumsi dalam jumlah yang sewajarnya dan tidak terlalu sering. Bahkan dalam cara penyajiannya pun harus benar-benar Anda perhatikan dengan baik.

Namun sebaiknya, selama kehamilan Anda jangan dulu mengkonsumsi mie instan. Karena jika ibu hamil sering mengkonsumsi mie instan, maka bisa berakibat buruk pada pertumbuhan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, menjauhi mie instan selama kehamilan sangat di anjurkan oleh ibu hamil.

Related Posts

Share This