Bahaya Mandi Sauna yang Wajib Anda Ketahui

Mandi sauna adalah salah satu bentuk terapi yang memang di lakukan di ruangan khusus dengan cara penguapan guna menghasilkan keringat. Terapi sauna ini memang telah banyak di gunakan hampir di seluruh dunia, karena mandi sauna ini dipercaya mampu memberikan efek yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita.

Walaupun mandi sauna ini dipercaya memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, namun bukan berarti mandi sauna ini tidak memiliki resiko yang buruk untuk kesehatan Anda. Karena pada kenyataannya, selain manfaat-manfaat mandi sauna, ternyata mandi sauna juga memiliki resiko yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa bahaya mandi sauna yang penting untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Memicu terjadinya luka bakar

Ada beberapa kasus yang memang telah terjadi terhadap beberapa orang yang memang pernah melakukan terapi sauna, bahkan beberapa diantaranya di haruskan untuk melakukan rawat inap yang dikarenakan mereka mengalami luka bakar setelah mereka melakukan terapi sauna.
Sebagian besar dari mereka mengalami masalah luka bakar karena terjadinya kontak secara langsung dengan pemanas yang digunakan untuk terapi yang memang tidak di sengaja. Walaupun sebagian besar luka bakar tersebut tidak seberapa, namun ada juga beberapa diantaranya yang mengalami luka bakar serius, bahkan berakibat fatal.

2. Menimbulkan gangguan reproduksi

Bagi kaum pria, sebaiknya Anda berpikir ulang sebelum Anda melakukan terapi sauna ini. Karena ketika Anda melakukan sauna, suhu tubuh Anda pastinya akan mengalami peningkatan. Dan hal ini pastinya akan berpengaruh terhadap pebningkatan suhu testis Anda, bahkan hal ini juga bisa berdampak buruk terhadap produksi sperma Anda.

3. Sauna tidak dapat membunuh semua organisme berbahaya pada tubuh

Keadaan suhu yang hangat juga lembab pada sauna merupakan habitat yang sempurna untuk di jadikan perkembangbiakan organisme tertentu. Bahkan, The Journal of American Medical Association memberikan laporan, bahwa ada kasus di mana seseorang yang memang telah melakukan terapi sauna ini secara teratur bisa memicu demam, menggigil, serta bisa berkembang menjadi sesak napas juga rasa kelelahan.

4. Memicu bulimia

Bahaya dari mandi sauna yang lainnya yaitu bisa menyebabkan terjadinya gangguan terhadap pola makan. Karena ada beberapa pihak yang percaya bahwa dengan melakukan sauna bisa menurunkan berat badan Anda. Dan ketika Anda melakukan sauna, maka frekuensi air yang ada di dalam tubuh Anda akan terus berkurang dengan snagat drastis, hal ini dikarenakan efek keluarnya keringat yang ada di dalam tubuh. Dan hal inilah yang seolah-olah akan memberikan efek penurunan badan.

Bahaya sauna selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pola makan. Beberapa pihak percaya bahwa dengan melakukan sauna dapat menurunkan berat badan. Saat melakukan sauna, frekuensi air dalam tubuh akan berkurang dengan drastis karena efek keluarnya keringat pada tubuh. Hal inilah yang seakan-akan memberikan efek penurunan badan.

5. Dapat memicu dehidrasi

Keadaan suhu yang sangat tinggi dalam ruangan ketika melakukan sauna juga bisa menyebabkan keringat keluar banyak, yang memang dipercaya mampu menurunkan berat badan. Akan tetapi, pada kenyataannya hal ini justru bisa menimbulkan efek kehausan serta dehidrasi pada tubuh.

Related Posts

Share This