Bahaya Makanan Manis Berlebih Untuk Kesehatan Si Kecil

Makanan manis merupakan salah satu hal yang paling disukai oleh anak. Jenis makanan manis yang disukai si kecil diantaranya yaitu cokelat, es krim, permen dan lain sebagainya. Makanan dengan rasa manis memang menarik si kecil sehingga hal ini sulit untuk dihindarkan. Dalam hal ini peran penting Anda sebagai orangtua adalah memberikan kontrol untuk anak sehingga tidak mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan dalam jangkan panjang beresiko terhadap gangguan kesehatan. Salah satu bahaya yang mengintai akibat kebiasaan mengkonsumsi makanan manis yaitu berat badan berlebih dan diabetes. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi tumbuh kembang si kecil.

Beberapa Bahaya Yang Diakibatkan Oleh Makanan Manis

  • Gizi Tak Berimbang

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula berlebih akan menyebabkan gizi tidak berimbang. Ketika masuk kedalam tubuh, gula akan dirubah menjadi energi dan membuat si ekcil kenyang lebih lama. Nah, kondisi ini akan menurunkan nafsu makan si kecil sehingga kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi. Padahal tubuh si kecil membutuhkan asupan nutrisi lain seperti lemak, vitamin, protein, mineral dan nutrisi lainnya.

  • Kerusakan Gigi

Bahaya selanjutnya akibat makanan manis yaitu memicu kerusakan pada gigi si kecil. Kandungan gula yang tinggi secara perlahan akan menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi. Hal ini karena sisa makanan manis akan memicu bakteri sehingga menyebabkan asam pada gigi.

  • Menyebabkan Penyakit Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan manis adalaha salah satu pemicu timbulnya penyakit gula darah. Nah, jika si kecil memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih maka bukan tidak mungkin akan terkena penyakit ini di usia muda. Maka dari itu berikan kontrol terhadap anak dalam mengkonsumsi makanan manis.

  • Obesitas

Asupan gula berlebih berarti kalori tubuh meningkat sehingga hal ini beresiko menyebabkan terjadinya penimbunan lemak didalam tubuh. Lama kelamaan akan memicu resiko obesitas atau kelebihan berat badan.

  • Resiko Kanker

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis dengan kandungan gula yang cukup tinggi bisa memicu penyakit kanker pankreas. Hal ini sangat rentan menyerang anak-anak usia dini jika tidak segera ditanagani sesegera mungkin. Berikann batasan pada anak dalam mengkonsumsi makanan manis. Pada dasarnya makanan manis tidak dilarang, hanya saja harus membatasi supaya tidak membahayakan kesehatan.

Demikian beberapa bahaya yang perlu Anda ketahui terkait konsumsi makanan manis pada anak. Terapkan pola hidup sehat sejak dini pada anak. Berikan pengertian pada anak tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Pola pengajaran sejak dini akan menjadi kebiasaan jangka panjang yang tertanam kuat dalam jiwa seorang anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517