Bahaya Komplikasi Asam Urat

Munculnya peningkatan asam urat didalam tubuh tentu berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Mengapa hal ini erat kaitannya dengan pola hidup dan pola makan? Hal ini karena asam urat timbul akibat kadar purin di dalam tubuh mengalami penumpukan yang signifikan. Seperti yang kita ketahui bahwa purin merupakan salah satu zat yang berasal dari makanan. Semua makanan memiliki kandungan purin dengan kadar yang bervariasi.

Jika kadar purin tidak terkontrol dan terjadi penumpukan di dalam tubuh, ginjal tidak bisa memberikan reaksi untuk mengurai zat tersebut sebab kadarnya sudah berlebihan, maka kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya reaksi asam urat di dalam tubuh.

Jangan Mengabaikan Bahaya Asam Urat!

Jangan pernah mengabaikan gejala asam urat dan membiarkannya begitu saja. Segera lakukan pemeriksaan secara tepat dan jangan menganggap semuanya biasa biasa saja. Gangguan asam urat timbul secara diam diam dan akan lebih parah jika reaksinya sudah sangat parah. Bahkan kondisi asam urat berlebihan bisa menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi terhadap kerusakan beberapa organ penting lainnya di dalam tubuh.

Asam urat memang sudah ada didalam tubuh, hanya saja jika kondisinya timbul dengan pemicu yang menjadikan asam urat berlebih maka bisa sangat berbahaya. Kondisi ini dipicu oleh kadar purin yang berlebihan masuk kedalam tubuh melalui makanan. Purin inilah yang menjadi pemicu utama timbulnya asam urat yang berlebihan.

Gagal Ginjal

Kondisi asam urat yang meningkat jangan sampai diabaikan sebab hal ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi dan risiko gangguan kesehatan lainnya. Jika terus menerus dibiarkan maka akan sangat berbahaya terhadap kerusakan beberapa organ penting didalam tubuh. Salah satunya yaitu sangat rentan terjadi kerusakan pada organ ginjal.

Baca Juga:  Cerdas Dalam Memilih Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Gagal ginjal adalah bagian utama dari komplikasi yang ditimbulkan oleh risiko asam urat. Hal ini karena ginjal harus bekerja ekstra dalam mengelola limbah atau purin yang berlebihan kedalam tubuh. Kondisi gagal ginjal ini biasanya terjadi pada penderita asam urat akut. Jika sudah terlampau terjadi maka mau tidak mau harus melakukan proses cuci darah.

Kadar asam urat yang mengalami peningkatan secara drastis akan menyebabkan kerusakan ginjal sebab saringan pada ginjal sudah tidak mampu lagi untuk bekerja akibat tersumbat. Penyumbatan ini oleh kadar zat purin yang berlebihan masuk kedalam ginjal. Bahkan pada kondisi yang lebih buruk lagi menyebabkan timbulnya batu ginjal.

Jantung Koroner

Komplikasi lainnya dari asam urat berlebihan yaitu bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada jantung. Misalnya saja timbul gangguan jantung koroner. Hal ini karena Kristal asam urat akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh daah koroner / endotel. Nah, jika kadar asam urat terus meningkat maka secara perlahan akan terjadi kerusakan dan timbulah gangguan jantung coroner.

Komplikasi Lainnya

Bahkan jika kondisi asam urat terus meningkat dan terus menerus dibiarkan akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Misalnya timbul obesitas, stroke, darah tinggi, diabetes dan masalah kesehatan berbahaya lainnya.

Nah, demikian beberapa masalah atau komplikasi dari peningkatan asam urat yang sangat berbahaya sekali. Oleh karena itu penanganan asam urat sebaiknya jangan diabaikan. Harus ditangani dengan baik dengan pemeriksaan dan pengaturan pola makan ataupun pola hidup sehat yang tepat. Ini penting sekali untuk dilakukan sehingga bisa terhindari dari risiko gangguan asam urat yang begitu sangat berbahaya sekali. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517