Bahaya Gigi Berlubang Saat Hamil

Gigi merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan. Hal ini karena sebelum masuk ke dalam lambung, makanan terlebih dahulu akan diproses dan dihancurkan oleh gigi. Terkait dengan hal tersebut maka kesehatan gigi harus senantiasa dijaga dengan baik sehingga terhindar ari kerusakan seperti gigi berlubang. Masalah gigi berlubang memiliki dampak negatif untuk kesehatan terutama bagi ibu hamil. Benarkah gigi berlubang saat hamil akan mempengaruhi perkembangan janin?

Gigi berlubang bisa menyebabkan peradangan disekitar gusi sehingga menimbulkan infeksi. Nah, jika hal ini terjadi maka sangat berbahaya untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Resiko yang ditimbulkan akibat peradangan gigi berlubang sangatlah fatal. Oleh karena itu, masalah kesehatan gigi tidak boleh disepelekan dan harus mendapat penanganan yang tepat.

Inilah Bahaya Gigi Berlubang Saat Hamil

  1. Perkembangan Janin Tidak Optimal

Infeksi bakteri dan virus akibat gigi berlubang bisa menjalar ke janin melalui sirkulasi darah. nah, kondisi tersebut tentunya akan menyebabkan janin mengalami gangguan pertumbuhan dan bahkan menyebabkan resiko cacat pada janin. Apabila infeksi virus menyerang organ mata janin maka akan menyebabkan kebutaan. Maka dari itu, kebersihan dan kesehatan gigi harus senantiasa dijaga dengan baik sehingga terhindar dari resiko tersebut.

  1. Resiko Keguguran

Bahaya lain yang mungkin terjadi pada ibu hamil akibat gigi berlubang yaitu keguguran. Kejadian seperti ini dipicu oleh infeksi bakteri yang masuk melalui pembuluh darah sehingga mengganggu tumbuh kembang bayi. Pertumbuhan yang terhambat tentunya akan membuat rahim berkontraksi dan menganggap janin sebagai benda asing sehingga mengeluarkan dengan paksa.

  1. Proses Kelahiran Tidak Normal

Kelahiran prematur dan tidak normal merupakan dampak buruk selanjutnya yang diakibatkan oleh gigi berlubang saat hamil. Ibu hamil yang menderita gigi berlubang kemungkinan akan melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan memiliki cacat. Hal ini kterkait dengan proses perkembangan bayi yang terganggu akibat infeksi bakteri yang berasal dari gigi.

Demikian beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat gigi berlubang. Menjaga kesehatan gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang guna menghindari kerusakan dan resiko berbahaya terhadap kesehatan.

Pada dasarnya menjaga kesehatan gigi bukan perkara yang sulit. Hanya saja kurangnya kesadaran yang membuat banyak orang enggan untuk melakukan hal tersebut. Menjaga kesehatan gigi bisa Anda lakukan dengan rutin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur pada malam hari.

Selain itu, batasi konsumsi makanan manis karena menyebabkan kerusakan dan memicu gigi berlubang. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan yang  mengandung gula menjelang tidur. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kehamilan yang sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517