Bahaya Gejala Kanker Usus Besar yang Patut Diwaspadai

Gejala kanker usus besar. Kanker usus besar adalah sejenis kanker yang mana menyerang bagian usus besar yang berada di bagian bawah sistem pencernaan. Sampai saat ini, masih banyak kasus usus besar yang awalnya berukuran kecil, lalu setelah itu munculnya benjolan sel jinak yang memang di sebut dengan adenomatous polyps. Dan sel inilah yang nantinya akan berubah menjadi kanker usus besar.

Kanker usus besar ini juga bisa di sebut dengan kanker kolorektal, yang memang bisa menyerang serta merusak beberapa jaringan yang berada di sekitar usus juga beberapa organ lainnya. Selain itu, sejumlah sel kanker juga bisa melepaskan diri serta mampu tersebar ke beberapa bagian lain tubuh seperti hati juga paru-paru, yang mana bisa membentuk sebuah tumor baru.

Untuk gejala kanker usus besar sendiri, biasanya di tandai dengan:

  1. Lemah
  2. Anemia
  3. Perasaan tidak tuntas ketika buang air besar
  4. Bentuk kotoran (feses) yang panjang dan kecil seperti pensil
  5. Ketidaknyamanan pada area perut, seperti kejang, kembung atau nyeri
  6. Pendarahan pada dubur atau terdapat darah pada feses
  7. Perubahan pada kondisi usus, diantaranya, diare (konstipasi) atau perubahan rutinitas buang air besar yang tidak seperti biasanya.

Penyebab & Faktor Resiko kanker usus besar:

Sampai saat ini, masih belum jelas apa penyebab atau bahkan faktor dari penyakit kanker usus besar ini. Namun dokter yakin, kalau jenis kanker ini akan terjadi ketika adanya sejumlah sel normal yang berada di dalam usus besar menjadi berubah. Sel normal ini semula tumbuh dan membelah dengan tujuan untuk menjaga tubuh dan berfungsi secara normal. Namun terkadang, pembelahan dan pertumbuhan ini kerap kali berjalan menjadi tidak normal, ketika itu sel akan terus membelah bahkan ketika keadaan tubuh tidak membutuhkan sel yang baru.

Bahaya penyakit kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar ini memang harus di waspadai sejak dini. Bahkan, banyaknya orang yang memang kurang menyadari bahwa mereka memiliki tumor yang bersarang di dalam usus besar. Mereka hanya beranggapan, kalau darah yang keluar anus ini hanya karena adanya penumpukan tinja, dan itu jelas merupakan hal yang sepele. Padahal jika di lihat secara medis, hal ini merupakan salah satu pertanda adanya gangguan di dalam usus besar.
Selain itu, banyak juga diantaranya penderita kanker usus besar yang tidak menyadari bahwa mereka tengah terjangkit penyakit berbahaya ini. Dan akhirnya, penyakit itu semakin hari semakinparah.

Kanker ini memang tidak akan berkembang dalam semalam, karena setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun bahkan lebih untuk terus berkembang biak. Dimana pada awalnya kanker jenis ini akan tumbuh secara jinak pada lapisan usus.

Jika tidak segera di atasi dengan baik, maka kanker usus besar ini akan jauh lebih berbahaya dari jenis penyakit yang lainnya. Maka dari itu, ketika Anda merasakan beberapa tanda masalah yang telah kami uraikan di atas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri pada dokter guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih serius.

Related Posts

Share This