Bahaya Gangguan Pola Tidur Pada Remaja

Pola tidur yang baik tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika waktu istirahat kita terganggu maka sangat berpotensi terhadap kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa pada waktu tidur terjadi regenerasi sel dan peningkatan sistem imun. Nah, jika Anda tidak cukup mendapatkan waktu istirahat maka kemungkinan akan mengganggu proses tersebut dan terjadi penurunan kondisi kesehatan. Pada usia remaja merupakan waktu yang sangat rentan sekali mengalami gangguan pola tidur.

Gangguan pola tidur yang dialami pada masa remaja merupakan hal yang wajar terjadi. Mengapa demikian? Hal ini karena pada usia remaja merupakan usia yang masih gemar bermain hingga lupa waktu. Fakta dan fenomena yang mungkin akan kita temukan yaitu anak remaja memang gemar begadang dengan segala aktivitas yang sebenarnya tidak penting-penting amat. Nah, hal inilah yang menyebabkan pola tidur terganggu sehingga rentan terkena penyakit.

Gangguan kesehatan ringan yang ditimbulkan akibat dari kebiasaan pola tidur yang tidak teratur diantaranya yaitu gangguan pencernaan, flu, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Disamping itu ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat dari pola tidur yang tidak teratur, berikut ini penjelasannya!

Konsentrasi Menurun

Pola tidur yang baik mempengaruhi proses berpikir dan belajar. Jika waktu istirahat tersebut terganggu maka akan mempengaruhi banyak hal terutama kesehatan. Remaja yang sering begadang cenderung akan kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi. Kondisi tersebut tentunya akan mengganggu waktu belajar sehingga mereka akan kesulitan untuk berfikir.

Waktu tidur yang terganggu akan mempengaruhi kemampuan dalam mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya sehingga hal ini cenderung akan mengalami penurunan dalam hal daya ingat. Kondisi seperti ini akan berdampak negatif terhadap kemampuan otak.

Memicu Rasa Gelisah

Kebiasaan begadang cenderung akan menyebabkan perasaan gelisah sehingga hal ini akan berdampak terhadap kualitas tidur yang buruk. Dengan kondisi seperti ini maka akan berdampak terhadap penurunan ketahan tubuh. Bahkan menurut pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan begadang akan menjauhkan dari perasan tenang.

Mempengaruhi Kinerja Otak

Kinerja dari memori otak secara perlahan akan menurun akibat kebiasaan tidur yang tidak teratur. Regenerasi sel otak akan terhambat akibat kebiasaan begadang. Hal ini berkaitan dengan melemahnya sistem saraf dan tidak dapat diperbaharui kembali. Perlu Anda ketahui bahwa pada waktu tidur terjadi proses memperbaharui sel-sel termasuk sel otak. Jika kita tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka kemungkinan sel tersebut tidak bisa beregenerasi.

Kurang tidur cenderung akan menyebabkan seseorang lebih rentan terkena depresi dan terkena penyakit berbahaya karena sistem imun tubuh yang menurun. Maka dari itu bagi para remaja, mulailah untuk membiasakan waktu istirahat yang cukup dan hindari begadang. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This