Bahaya Antibiotik Untuk Anak yang Wajib Bunda Ketahui

Untuk saat ini, banyak diantaranya anak-anak yang memang lebih cenderung mudah bahkan sering terserang oleh virus bahkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Dan biasanya orangtua akan memberikan antibiotik untuk anak dengan tujuan bisa mengatasi infeksi yang diderita oleh si kecil.

Akan tetapi, infeksi yang dialami si kecil umumnya disebabkan oleh virus bahkan bakteri, sedangkan obat antibiotik untuk bayi atau bahkan untuk anak hanya mampu mengatasi infeksi bakteri. Dan antibiotik jelas tidak dirancang untuk mengatasi inveksi yang dikarenakan oleh virus.

Berikut ini ada beberapa efek yang akan membahayakan kesehatan anak balita bahkan bayi dikarenakan jenis obat antibiotik, yaitu sebagai berikut:

  1. Overdosis

Ketika si kecil mengalami infeksi, dan Anda membawanya ke dokter, maka ketika dokter memberikan resep antibiotik, pastinya Anda harus berhati-hati untuk tidak memberikan obat dengan dosis yang lebih kepada si kecil. Karena sebagian besar antibiotik memiliki ukurannya sendiri. Dan sebaiknya Anda menggunakan sendok pengukur untuk memberikan obat kepada si kecil. Karena overdosis mampu menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

  1. Resistensi obat

Setiap antibiotik patsinya memiliki aturan pakai dalam beberapa hari. Dan umumnya dokter akan memberikan resep khusus dan Anda harus mengikuti resep yang diberikan oleh dokter tersebut dengan cara yang benar. Jika dokter menganjurkan diberikan dalam waktu 5 hari, maka Anda harus memberikannya selama 5 hari, jangan berhenti sebelum 5 hari, bahkan ketika si kecil terlihat sudah membaik.

Karena jika Anda menghentikan pemberian obat tersbeut sebelum batas waktu yang ditentukan, maka bisa menyebabkan pembentukan bakteri resiten, sehingga kebutuhan untuk antibiotic akan jauh lebih kuat dari sebelumnya.

  1. Kehilangan flora normal

Antibiotik memang dirancang untuk melawan bakteri yang membahayakan kesehatan tubuh, namun hal tersebut juga bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap flora normal bagioan usus. Bakteri sangat ramah akan usus, dan usus sangatlah penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Dan hal ini merupakan salah satu bahaya yang paling umum terjadi dari efek antibiotik terhadap anak-anak.

  1. Diare

Diare merupakan salah satu bentuk keluhan umum yang sering di rasakan oleh si kecil ketika mereka mengkonsumsi antibiotik. Maka dari itu, mengambil suplemen vitamin yang bersamaan dengan obat antibiotik merupakan salah satu pilihan guna mencegah terjadinya hal tersebut.

  1. Alergi

Ada beberapa diantaranya anak-anak yang akan mengembangkan reaksi alergi yang mereka miliki terhadap antibiotik, misalkan speerti penisilin. Dan Anda disarankan untuk selalu mengkonsultasikannya kepada dokter jika memang si kecil menunjukkan gejala alergi ketika mereka mengkonsumsi obat-obatan dalam bentuk apapun.

  1. Peradangan usus

Ketika antibiotik sering di gunakan oleh si kecil, maka antibiotik ini bisa menyebabkan peradangan terhadap usus. Dan hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa si kecil sakit perut, yang memang mungkin saja tidak sengaja berhubungan dengan beberapa tanda penyakit ketika si kecil diberikan antibiotic.

Related Posts

Share This