Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih yang Wajib Anda Ketahui

Akibat kurang minum air putih. Air adalah salah satu kebutuhan yang utama bagi setiap mahluk hidup. Bukan hanya di gunakan untuk mandi juga mencuci, namun air ini juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dan salah satu fungsi dari air untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu untuk meringankan kinerja ginjal, melarutkan mineral yang ada di dalam tubuh, melancarkan proses dari metabolisme, mengatur suhu badan kita serta membawa sejumlah nutrisi juga oksigen untuk menuju saluran tubuh. Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan untuk memenuhi asupan air, setidaknya 8 gelas dalam satu hari.

Jika tubuh kita kekurangan asupan cairan, maka pastinya hal ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kita. Karena, keadaan tubuh yang kekurangan asupan cairan, umumnya akan memberikan gejala yang tidak mengenakkan, seperti sakit kepala, keadaan kulit yang kering, lemas, depresi, bahkan bisa menyebabkan tidak fokusnya dalam melakukan segala bentuk aktifitas.

Nah, agar lebih jelas lagi, di bawah ini ada beberapa bahaya akibat kurang minum air putih, terutama untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Dehidrasi

Masalah yang memang sering dialami ketika seseorang kekurangan asupan cairan yaitu dehidrasi. Dehidrasi ini merupakan salah satu kondisi dimana keadaan tubuh Anda tidak memperoleh asupan cairan yang cukup dalam tubuh. Dan biasanya, seseorang yang memang rentah terkena permasalahan ini yaitu mereka yang sangat jarang minum ketika tengah melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

2. Ginjal

Ginjal sendiri adalah salah satu bagian organ tubuh yang memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarebakan ginjal memiliki fungsi yang baik dalam menyaring kotoran dan setelah itu dikeluarkannya melalui urine. Dan jika tubuh kita kekurangan asupan cairan, maka hal ini bisa membuat keadaan ginjal Anda bekerja dengan keras, bahkan fungsi dari ginjal ini akan menurun. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, maka dipastikan kotoran akan menumpuk di dalam tubuh.

3. Masalah Pencernaan

Akibat kurang minum air putih, maka bisa berujung pada masalah sistem pencernaan. Apakah Anda tahu, kalau lapisan dinding perut terdiri dari 98%. Dan lapisan tersebut diharuskan ada dalam keadaan tebal, guna melindungi perut dari berbagai jenis penyakit yang menyerang, salah satunya yaitu asam lambung. Dan jika tubuh kekurangan asupan cairan, maka lapisan tersebut akan semakin menipis, dan penyakit akan mudah untuk menyerang.

4. Tekanan Darah Tinggi

Bukan hanya itu, jika kondisi tubuh juga kekurangan asupan cairan, maka kondisi tubuh juga akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengeluarkan zat kimia, yang berbentuk vasopressin. Vasopressin sendiri merupakan salah satu zat yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah serta bisa menyebabkan tekanan darah menjadi sangat tinggi. Dan hal ini bisa menyebabkan jantung bekerja dengan sangat keras ketika memompa darah serta menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika tetap dibiarkan, maka bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung coroner yang berujung pada kematian.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517