Bahan Kimia Pada Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Perkembangan Janin

Tampil cantik dan menarik setiap waktu merupakan dambaan setiap wanita, tak terkecuali bagi wanita yang sedang hamil. Meskipun sedang hamil, banyak wanita yang tetap melakukan perawatan kecantikan. Melakukan perawatan serta berdandan pada waktu hamil tidak ada salahnya dan hal tersebut sah-sah saja dilakukan oleh setiap wanita. Akan tetapi dalam melakukan perawatan pada waktu hamil harus dilakukan dengan hati-hati dan lebih teliti dalam memilih jenis kosmetik.

Pada zaman sekarang banyak produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil lebih teliti dalam memilih jenis kosmetik supaya tidak berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Bahan Kimia Pada Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Perkembangan Janin

Kandungan bahan kimia berbahaya pada kosmetik bisa menyebabkan kerusakan pada proses pembelahan sel dan pertumbuhan sel, terutama sel saraf. Selain itu, bahan kimia tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada organ dalam dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya pada janin.

Jenis Bahan Kimia Yang Mempengaruhi Perkembangan dan Kesehatan Janin

Kosmetik yang mengandung merkuri

Merkuri merupakan salah satu bahan kimia berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Merkuri berbahaya bagi ibu hamil karena bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada sistem saraf dan perkembangan janin di dalam kandungan. Merkuri tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, akan tetapi merkuri juga berbahaya bagi setiap orang yang menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan bahan kimia tersebut. Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dalam jangka panjang bisa berakibat terhadap kerusakan hati dan ginjal. Oleh karena itu bagi wanita sebaiknya hati-hati dan lebih teliti dalam memilih jenis kosmetik.

Kosmetik yang mengandung hidroquinon

Hidroquinon adalah salah satu bahan kimia berbahaya sebagai zat pemutih pada kosmetik. Kosmetik yang mengandung zat kimia jenis ini berbahaya bagi kesehatan, terutama ibu hamil. Hidroquinon akan menghambat perkembangan janin dan beresiko menyebabkan kanker kulit.

Retinoid

Kosmetik yang mengandung retinoid berbahaya apabila dipakai oleh ibu hamil. Zat kimia tersebut bisa menyebabkan cacat pada janin atau teratogenik. Retinoid biasanya terdapat pada krim anti jerawat. Untuk mencegah hal buruk terjadi sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut.

Paraben

Paraben merupakan salah satu jenis zat kimia berbahaya yang sering dipakai pada produk kosmetik untuk perawatan kulit. Kosmetik yang mengandung paraben sangat berbahaya apabila dipakai oleh ibu hamil karena bisa mengganggu kesehatan janin dan menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi bayi.

Rhodamin

Rhodamin adalah zat kimia berbahaya dan dilarang untuk digunakan, akan tetapi terkadang banyak orang yang curang menggunakan zat berbahaya tersebut pada produk kosmetik. Produk kosmetik yang mengandung rhodamin bisa mengakibatkan kanker kulit dan mengakibatkan cacat pada janin.

BHA atau Salicylic Acid

Bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya menghindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia ini karena bisa berdampak buruk bagi janin di dalm kandungan. Zat kimia tersebut bisa mengakibatkan cacat pada janin dan menghambat pertumbuhan janin.

Related Posts

Share This