Bagaimana Tumbuh Kembang Janin Di Kehamilan 34 Minggu?

Kehamilan 34 minggu tentunya akan semakin membuat Bunda penasaran. Bahkan mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengenai tumbuh kembang janin di usia tersebut. Memasuki kehamilan minggu ini memang berat dan ukuran janin bertambah. Berat janin sekitar 2,4 kg dan panjangnya yaitu 46 cm.

Lingkar kepala bayi di usia kehamilan 34 minggu semakin proporsional. Kini kepala si kecil tidak lagi lebih besar dari tubuhnya. Bahkan bagian kaki juga tumbuh lebih panjang daripada tangan sehingga hal ini menambah kesempurnaan tumbuh kembang si kecil.

Di 34 minggu kehamilan, alis dan bulu mata tumbuh dengan baik di sekitar mata. Bahkan rambut di kulit kepala tumbuh menjadi lebih lebat jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Sedangkan lanugo atau bulu halus pada kulit janin mulai berganti menjadi rambut hingga menjelang melahirkan tiba.

Perkembangan otak yang semakin sempurna maka kini si kecil mulai mengenali kapan tubuhnya harus beristirahat dan bergerak aktif. Bahkan mpada minggu ini janin akan memejamkan mata ketika tidur dan membuka mata saat bergerak aktif.

Dengan perkembangannya yang semakin pesat maka ukuran tubuh janin semakin besar sehingga ruang geraknya semakin terbatas atau dengan kata lain frekuensi gerakan janin menjadi berkurang. Namun tendangan dan kontraksi dari janin semakin dirasakan dengan sangat jelas.

Pada minggu ke-34 jaringan lemak mulai tumbuh di bagian kaki dan lengan si kecil sehingga hal ini membuat si kecil terlihat menjadi lebih berisi dan kulitnya tidak lagi kelihatan keriput. Hal ini tentunya membuat si kecil benar-benar terlihat menjadi bayi yang sempurna.

Kemampuan janin untuk mengendalikan kelopak matanya kini menjadi lebih baik sehingga bisa menyesuaikan dengan waktunya tidur dan bergerak. perkembangan yang sungguh luar biasa sekali ya Bunda?

Yang perlu Bunda ketahui bahwa pada minggu ini rangka tulang janin sudah kuat namun fleksibel. Minggu ini jaringan tulang pada tengkorak terbentuk dengan sangat sempurna  namun belum menutup atau mengeras sehingga memudahkan proses melahirkan.

Bahkan pada minggu ke-34 ini janin sudah mulai dengan posisi terbalik yaitu kepala dibawah. Hal ini merupakan salah satu persiapan menuju persalinan. Anda tinggal menunggu beberapa waktu untuk kelahiran si janin.

Pada usia kehamilan minggu ini sebaiknya Anda memperbanyak asupan makanan bergizi terutama kalsium. Hal ini untuk membantu memperkuat tulang dan menstimulus gigi. Namun dosis kalsium yang dikonsumsi tentunya harus seimbang karena tidak semua jenis kalsium bisa diterima oleh janin.

Daripada Anda mengkonsumsi suplemen kalsium, alangkah lebih baiknya jika Anda memperoleh asupan kalsium dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayuran dan sumber makanan sehat yang lainnya. Pada dasarnya banyak jenis makanan yang tinggi akan kalsium dan khasiatnya lebih baik.

Salah satu keluhan yang mungkin dirasakan pada minggu ini yaitu kesulitan untuk tidur. Mengapa demikian? Hal ini karena ukuran perut yang semakin membesar sehingga ibu hamil akan kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman pada waktu tidur.

Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mandi air hangat supaya tubuh menjadi lebih rileks. Disamping itu, Anda bisa menggunakan posisi tidur miring dan membuat posisi tidur senyaman mungkin. Pentingnya waktu istirahata tidak boleh Anda sepelekan karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.

Nah, demikian perkembangan janin di minggu 34, luar biasa sekali bukan? Perhatikan kondisi kesehatan Anda dengan asupan makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This