Bagaimana Mengatasi Rambut Rontok Pada Bayi?

Ketika lahir bayi sudah mempunyai rambut yang cukup lebat. Akan tetapi beberapa minggu setelah itu perlahan-lahan rambut bayi rontok. Keadaan ini bisa disebut normal pada bayi yang baru lahir. Hal ini akan terjadi pada bayi selama enam bulan pertama setelah kelahirannya. Masalah kerontokan memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bayi juga mengalami kerontokan pada rambut.

Rambut memiliki dua tipe yaitu rambut lanugo yang merupakan rambut yang terdapat pada bayi, karakteristiknya halus dan memiliki sedikit pigmen. Kemudian ada yang disebut dengan rambut terminal yang merupakan rambut permanen dan memiliki pigmen yang banyak.

Mengatasi rambut rontok pada bayi

Rambut memiliki dua fase yaitu pertumbuhan yang berlangsung kira-kira selama tiga tahun dan fase istirahat berlangsung kira-kira tiga bulan. Kerontokan yang terjadi pada bayi merupakan fase istirahat rambut untuk kemudian tumbuh kembali menjadi rambut permanen. Kondisi rambut rontok bayi di luar fase istirahat rambut bisa saja terjadi.

Penyebab Rambut Rontok Pada Bayi

Posisi tidur, rambut rontok yang terjadi pada bayi bisa disebabkan oleh posisi tidur yang sama dalam setiap waktu.

Kekurangan gizi, kurangnya asupan nutrisi pada bayi bisa jadi salah satu yang menyebabkan bayi mengalami rambut rontok. Kekurangan vitamin H atau biotin dan zinc bisa menjadi pemicu rontoknya rambut pada bayi akibat terganggunya proses metabolisme yang terjadi dalam sel.

Tinea capitis, merupakan kurap yang terjadi pada kulit kepala akibat infeksi dari jamur. Kondisi ini menghambat pertumbuhan rambut karena pori-pori pada kulit kepala tertutup.

Trikotilomania disebabkan oleh adanya stres fisik atau emosional pada bayi. pada kondisi ini rambut hilang terus menerus akibat adanya keinginan bayi menarik-narik rambut.

Pengaruh hormon, kerontokan pada bayi bisa disebabkan karena adanya pengaruh hormon, ketika dalam kandungan kadar hormon bayi tinggi karena ada pasokan dari sang ibu dan ketika lahir kadar hormon itu akan menurun dan menyebabkan rambut pada bayi rontok. Selain itu kerontokan pada bayi juga bisa di akibatkan oleh adanya kelainan yang terjadi di dalam kelenjar tiroid yang disebut dengan hipotiroidisme.

Alopecia areata, kerontokan yang terjadi akibat adanya kelainan pada sistem kekebalan folikel pada rambut.

Mengatasi Rambut Rontok Pada Bayi

Kerontokan yang terjadi pada bayi anda bisa diatasi dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Apabila kerontokan itu disebabkan oleh posisi tidur bayi, maka anda bisa mengubah kebiasaan tersebut supaya bayi berganti posisi. Selain itu bisa menggunakan bantal yang berbentuk seperti tapal kuda.

Memakai minyak kemiri bisa mengatasi rambut rontok pada bayi karena kemiri mempunyai khasiat yang sangat bagus dalam menumbuhkan serta merawat rambut. Minyak kemiri bisa diperoleh dengan cara menyiapkan beberapa butir kemiri terus disangrai (digoreng tanpa minyak), setelah kelihatan berminyak lalu ditumbuk dan dioleskan pada kepala bayi. Saat ini banyak minyak kemiri yang sudah siap pakai yang bisa anda beli. Kandungan vitamin B1 dan lemak yang terdapat dalam kemiri sangat bagus untuk menyuburkan rambut bayi.

Dalam memilih produk shampo untuk perawatan rambut bayi harus teliti. Sebaiknya anda menghindari produk shampo yang banyak mengandung zat kimia karena itu akan memperparah kerontokan rambut pada bayi.

Lidah buaya yang kaya akan kandungan vitamin bisa jadi solusi untuk mengatasi rambut rontok pada bayi anda. Kandungan vitamin dalam lidah buaya seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B, vitamin A, magnesium, zat besi, kalsium serta seng sangat bagus untuk memperkuat rambut supaya tidak rontok dan untuk menyuburkan rambut.

Selain beberapa cara diatas anda juga bisa memakai seledri untuk menyuburkan rambut bayi. Caranya yaitu daun seledri di tumbuk lalu dicampur dengan sedikit air dan dioleskan merata pada kepala bayi. seledri memiliki kandungan seperti kalsium, protein, zat besi serta vitamin C, vitamin B dan vitamin A yang berguna untuk menyuburkan rambut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517