Bagaimana Cara Tidur Ibu Hamil yang Baik?

Ketika kehamilan masih di usia trimester pertama, ibu hamil bisa menggunakan cara tidur ibu hamil dengan posisi apapun yang memang mampu memberikan rasa nyaman untuk dirinya ketika tidur, dikarenakan perut ibu hamil yang belum membesar. Dan biasanya, ibu hamil akan merasa cemas ketika usia kehamilannya mulai memasuki trimester kedua, karena keadaan perut yang semakin membesar. Dan ketika ibu hamil menghadapi kenyataan seperti ini, maka sebaiknya bumil tidak perlu khawatir.

Kenapa tidak perlu khawatir? Karena pada kenyataannya tubuh seorang ibu di ciptakan oleh Tuhan dengan berbagai keunikannya, sehingga hal ini mampu memberikan perlindungan yang baik. Bukan hanya itu, perlu bumil ketahui, bahwa janin yang berada di dalam kandungan tidak pernah merasa tidak nyaman, karena ia ada dalam posisi mengapung dalam cairan ketuban dan mereka memiliki ruangn tersendiri guna bergerak dengan bebas di dalam kandungan. Namun, walaupun seperti itu, bumil tetap harus berhati-hati dalam melakukan suatu hal, terutama dalam memilih tips untuk ibu hamil.

cara tidur ibu hamil

Dan berikut ini ada beberapa cara tidur ibu mengandung yang dapat bumil ikuti, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Sebenarnya posisi tidur dengan tengkurap merupakan posisi tidur yang cukup aman bagi bumil. Akan tetapi, biasanya pasca kehamilan trimester pertama, bumil tidak akan merasa nyaman dengan posisi tidur seperti ini. Kenapa? Karena terjadinya pembesaran pada bagian payudara serta adanya rangsangan payudara yang jauh lebih sensitif dari biasanya. Dan ketika usia kehamilan memasuki awal minggua ke-14, dan keadaan perut semakin membesar, maka tidur dengan posisi tengkuruap akan menjadi sangat tidak nyaman, karena keadaan perut yang mulai membesar.

  1. Tidur Dengan Posisi Terlentang

Bumil dianjurkan untuk tidak tidur dengan posisi terlentang setelah kehamilannya memasuki usia 16 minggu, dikarenakan ketika bumil mengambil posisi terlentang ketika usia kehamilan 16 minggu, maka seluruh berat rahim akan bergeser kebagian belakang, usus, serta vena cava inferior. Bukan hanya itu, bumil dengan posisi tidur terlentang juga mampu meningkatkan resiko terjadinya sakit pinggang, wasir, juga gangguan terhadap pencernaan, bahkan posisi ini juga bisa menganggu pernafasan serta sirkulasi.

  1. Tidur Dengan Posisi Miring

Lantas, posisi tidur seperti apa yang baik untuk bumil? Memang sampai saat ini belum ada satupun penelitian lebih lanjut yang menyatakan posisi tidur yang baik dan aman untuk bumil. Namun bagi bumil yang mulai memasuki usia kehamilan 16 mingggu sangat di sarankan untuk mengambil posisi tidur miring ke sebelah kiri. Mengapa harus miring ke sebelah kiri? Karena posisi miring kesebelah kiri ini akan memberikan keuntungan yang baik bagi janin yang ada di dalam kandungan untuk memperoleh aliran darah serta nutrisi yang maksimal ke plasenta, karena adanya vena yang besar pada bagian belakang sebelah kanan svina yang memang mampu mengembalikan aliran darah ke bagian tubuh bawah jantung. Posisi tidur ini juga mampu membantu gunjal untuk membuang semua sisa produk serta cairan yang berasal dari tubuh ibu, sehingga mampu mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian kaki, pergelangan serta tangan. Tidur dengan posisi menyamping ke kanan juga baik bagi bumil

Agar Anda mendapatkan kenyamanan ketika tidur dengan menggunakan posisi menyamping, maka bumil bisa meletakan bantal diantara dengkul Anda serta di bagian punggung. Atau bahkan bumil juga bisa membeli bantal yang di khususkan untuk ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517