Bagaimana Cara Menyusui Bayi yang Benar?

Cara menyusui bayi. Kali pertama ibu menggendong si kecil di ruangan bersalin, maka itu merupakan waktu yang tepat untuk Anda mulai menyusui si kecil. Karena mulanya tubuh Anda akan menghasilkan susu yang memang di sbeut dengan kolostrum, dan kolostrum inilah yang nantinya bisa membantu guna melindungi si kecil dari serangan infeksi. Keadaan perut si kecil akan sangat kecil, maka dari itu si kecil hanya membutuhkan jumlah ASI yang sedikit untuk mengisi perutnya yang kecil ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara menyusui bayi yang benar? Nah, guna menjawab pertanyaan Anda. Maka pada kesempatan ini kami akan memberikan bocoran mengenai cara atau tips dalam menyusui bayi baru lahir. Karena menjelang kelahiran si kecil, sebaiknya Anda sudah mengetahui cara menyusui bayi yang tepat, agar ketika si kecil lahir Anda sudah memahami caranya.

Berikut ini ada beberapa cara menyusui yang baik yang memang bisa Anda peraktekkan kelak jika si kecil sudah lahir, yaitu sebagai berikut:

  1. Posisi Tubuh Anda

Ketika Anda menyusui, Anda bisa mengubah seluruh tubuh si kecil kea rah Anda, yaitu dengan cara mendekatkan atau menempelkan dadan Anda dengan dada si kecil. Anda bisa menyentuhkan bagian bibir atas si kecil dengan putting payudara Anda, dan ketika si kecil membuka mulutnya lebar-lebar, menariknya ke payudara Anda, maka Anda bisa memegang payudara Anda guna memberikan dukungan kepada si kecil. Bahkan keadaan mulutnya harus mencakup bukan malah hanya putingnya saja, namun sebanyak areola.

  1. Hindari Panik ketika bayi anda butuh adaptasi

Anda jangan pernah panic ketika si kecil mengalami kesulitan untuk menemukan putting susu Anda. Karena menyusui sangat membutuhkan kesabaran serta latihan yang banyak.

  1. Waktu memberikan ASI

Anda tidak perlu khawatir kalau ASI yang Anda keluarkan tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, karena ada beberapa diantaranya ibu menyusui ketika kali pertama memberikan ASI seringkali dihadapkan dengan tidak keluarnya air susu. Penting untuk Anda ketahui, bahwa ketika ANda sering menyusui, maka produksi ASIĀ  juga akan semakin bertambah. Maka dari itu, ghuna meningkatkan produksi ASI, Anda haru sesering mungkin menyusui.

  1. Membangunkan bayi hari pertama diberikan ASI

Selama beberapa hari, mungkin Anda harus lebih sabar dan lebih lembut membangunkan si kecil untuk mulai menyusui, dan si kecil bisa tertidur lagi ketika di susui. Guna menjaga dirinya terjaga selama menyusui, dan bahkan Anda bisa memastikan si kecil makan dengan porsi yang cukup, maka Anda bisa membangunkan si kecil 4 jam sekali guna memberikannya ASI.

  1. Posisi Nyaman Menyusui di Hari Pertama

Dikarenakan durasi menyusui bisa berlangsung selama 40 menit, maka Anda bisa memilih tempat yang nyaman guna menyusui si kecil. Anda bisa memegang si kecil dalam posisi yang membuat lengan Anda merasa tidak sakit.

  1. Gunakan ganjalan

Ketika Anda dalam posisi duduk, maka Anda bisa memanfaatkan bantal guna membantu Anda ketika menyusui. Pergunakan bantal sebagai tumpuan agar Anda merasa nyaman ketika menyusui.

  1. Konsumi makanan yang seimbang untuk melancarkan ASI hari pertama

Guna melancarkan produksi ASI Anda, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi serta zat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Related Posts

Share This