Bagaimana Cara Membedakan Usus Buntu Dengan Maag?

Mungkin masih ada beberapa orang yang memang belum paham atau masih belum bisa membedakan antara usus buntu dengan sakit maag, hal ini dikarenakan perbedaan antara sakit maag dengan usus buntu sangat sulit untuk di bedakan, terutama oleh orang awam. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bisa memahami seperti apa penyakit maag dan seperti apa penyakit usus buntu itu.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa penyakit usus buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, jika penyakit ini mulai meradang, maka bisa fatal akibatnya, apalagi sampai pecah. Dan hal ini jelas mampu memicu timbulnya infeksi di dalam tubuh yang mana bisa menyebabkan bahaya yang jauh lebih serius.

Umumnya, usus buntu hanya bisa di atasi dengan prosedur operasi guna mengangkat penyakit tersebut. Namun pada kenyataannya, operasi pengangkatan usus buntu ini memerlukan perawatan yang sangat rumit, sehingga untuk mengatasiu penyakit ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda mengandalkan bahan-bahan alami guna mengatasi masalah yang satu ini.

Jika Anda mengalami gejala usus buntu selama 3 hari berturut-turut, maka Anda dianjurkan untuk segera mengkonsultasikan pada dokter yang bersangkutan, agar Anda bisa memperoleh penanganan yang tepat. Jika Anda tidak segera memeriksakannya, maka dikhawatirkan penyakit ini akan bertambah parah yang mana berujung pada kematian.

Ketika Anda mengalami gejala usus buntu, maka penanganan yang tepat dan cepat sangat di butuhkan, guna mencegah terjadinya infeksi yang bisa menjalar pada daerah sekitar usus buntu yang mana mengalami pembengkakan. Anda jangan pernah membiarkan rasa sakit di perut Anda bertambah parah, sehingga penyakit ini akan sulit untuk di atasi nantinya jika memang Anda kurang memperhatikannya.

Beda halnya dengan sakit maag, walaupun gejalanya hampir sama dengan gejala usus buntu, namun sakit maag ini merupakan radang lambung yang terjadi karena adanya luka atau bahkan karena adanya peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Dan umumnya penyakit ini akan menyebabkan keadaan perut yang mulas, perih serta keadaan perut yang kembung.

Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa ada beberapa tahapan yang pastinya akan terjadi pada penyakit maag, diantaranya yaitu:

  1. Maag ringan
  2. Maag sedang
  3. Maag kronis
  4. Kanker lambung

Untuk gejalanya sendiri, kedua penyakit ini memang memiliki gejala yang hampir sama. Namun sebaiknya, Anda jangan salah dalam menapsirkan atau mendeteksi hal tersebut, karena banyak diantaranya pasien yang menderita usus buntu menganggap kalau mereka hanya menderita penyakit maag biasa. Dan pada akhirnya penyakit yang diderita berlangsung semakin parah dan sulit untuk di atasi.

Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengetahui perbedaan dari kedua penyakit tersebut, diantaranya yaitu:

Gejala sakit maag

  1. Sakit ketika BAB
  2. Mual dan muntah
  3. Rasa lapar berlebih
  4. Kembung

Gejala usus buntu

  1. Perut bengkak
  2. Nafsu makan turun
  3. Mual serta muntah
  4. Diare
  5. Perut terasa sakit dan terjadi demam

Related Posts

Share This