Awas Bunda! Sembelit Pada Bayi Bisa Terjadi

Bunda, gangguan terhadap sistem pencernaan seperti sembelit ternyata bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun sembelit pada bayi juga bisa terjadi. Bahkan, sembelit pada bayi ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebabnya. Dan salah satunya yaitu karena faktor susu.

Padahal, susu yang dikonsumsi oleh si kecil memiliki kandungan nutrisi yang memang hampir seluruhnya di serap oleh tubuh, dan hanya sedikit jumlahnya yang tersisa, sehingga tinja yang dihasilkan pun pastinya sedikit, dan tidak memungkinkan bayi sembelit.

Dan ternyata, bayi yang memang benar-benar hanya mengkonsumsi ASI atau bahkan susu formula akan mengeluarkan tinja atau buang air besar sebanyak satu kali dalam satu minggu, atau bahkan lebih lama lagi.
Dan sembelit umumnya akna terjadi ketika bayi merasa tidak nyaman ketika mereka buang air besar. Dan hal tersebut dikarenakan adanya tinja yang keluar sangat padat serta keras. Dan kondisi ini umumnya akan terjadi ketika pergantian ASI ke susu formula atau bahkan makanan padat yang bunda berikan kepada si kecil.

Nah, ketika si kecil mengalami sembelit, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini guna mengatasi sembelit pada bayi, yaitu sebagai berikut:

1. Ketika bunda akan memberikan susu bayi kepada si kecil, baik ASI atau susu formula, maka Anda bisa menambahkan sedikit gula atau bahkan jus buah kedalam susunya. Atau jika mau, bunda bisa menjadikan buah pir sebagai alternative.

2. Jika si kecil mengkonsumsi susu formula dan bukan ASI, maka Anda bisa mengganti dengan merek lain, siapa tau sembelit yang dialami si kecil karena faktor dari susu tersbeut yang memang tidak cocok dengan si kecil.

3. Anda bisa memberikan si kecil air putih dengan jumlah yang cukup, terutama ketika cuaca tengah panas. Atau jika masih bayi, bunda bisa memberikan ASI dalam jumlah yang banyak.

Nah, itu tadi beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan ketika si kecil mengalami sembelit. Ingat! Anda jangan memberikan obat-obatan kepada si kecil ketika ia mengalami sembelit, apalagi tanpa adanya resep dari dokter.

Sama halnya dengan orang dewasa, sembeli yang memang terjadi pada bayi atau bahkan balita dikarenakan adanya sejumlah otot di bagian usus yang memang tidak mampu bekerja dengan cara yang baik atau bahkan karena adanya penyumbatan.

Dengan begitu, si kecil akan mengalami kesulitan ketika mengeluarkan tinja atau ketika mereka tengah buang air besar.

Namun jika dilihat secara medis, tinja yang berada di dalam usus dalam frekuensi yang cukup lama atau disebut dengan sembelit bisa membahayakan kesehatan orang yang mengalaminya, termasuk pada bayi bahkan balita. Dan ketika sembelit yang dialami oleh si kecil menjadi tambah parah, maka sebaiknya Anda segera membawa buah hati Anda kepada dokter, agar ia bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Related Posts

Share This