Aupan Gizi Untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Pada kehamilan trimester ketiga, seorang ibu hamil sangat membutuhkan bekal energi yang memadai. Bukan hanya untuk beban yang semakin hari semakin berat, namun energi juga berguna untuk proses persalinan kelak ketika waktunya tiba.

Dan itulah alasannya mengapa asupan gizi yang seimbang harus menjadi prioritas, baik secara kualitas atau bahkan kuantitas. Ingat! Pertumbuhan otak janin di dalam kandungan akan terjadi dengan sangat cepat pada dua bulan terakhir menjelang proses persalinan. Oleh karena itu, jangan sampai Anda kekurangan gizi. Dan pilihlah makanan untuk ibu hamil trimester ketiga yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Nah, di bawahini ada beberapa jenis zat gizi yang seharusnya bisa di perhatikan pada usia hamil trimester 3, dan pastinya tanpa harus mengabaikan zat-zat gizi yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Kalori

Tambahan kalori pada ibu hamil di butuhkan guna membantu proses pertumbuhan sejumlah jaringan janin serta plasenta, bahkan bisa menambah volume darah serta cairan amnion atau ketuban. Bukan hanya itu, kalori juga memiliki peran sebagai cadangan bagi ibu hamil guna keperluan melahirkan serta menyusui.

  1. Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin ini juga di butuhkan guna menjalankan lebih dari 100 reaksi kimia yang terdapat di dalam tubuuh yang mana melibatkan enzim. Bukan hanya membantu metabolisme asam amino, karbohidrat, lemak, serta pembentukan sel-sel darah merah, namun juga memiliki peranan dalam membentuk eurotransmitter. Semakin berkembangnya keadaan otak janin, maka semakin meningkat pula kemampuannya untuk mengantarkan pesan yang ia terima.

  1. Yodium

Yodium juga dibutuhkan untuk ibu hamil trimester ketiga, karena yodium ini mampu membentuk senyawa tiroksin yang memiliki perananan untuk mengontrol setiap metabolisme sel-sel baru yang telah terbentuk. Jika kekurangan senyawa ini, maka bisa menghambat proses pertumbuhan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan termasuk bagian otak si kecil. Sehingga janin akan tumbuh menjadi kerdil.

  1. Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (B2) dan Niasin (B3)

Sederetan vitamin ini juga mampu membantu enzim guna mengatur metabolisme sistem pennafasan juga energi. Bahkan ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi Tiamin sekitar 1,2 miligram setiap harinya, Riboflavin sebanyak sekitar 1,2 miligram setiap harinya dan Niasin 11 miligram perhari. Ketiga golongan vitamin B ini bisa Anda dapatkan dari keju, susu, hati, kacang-kacangan, serta telur.

  1. Air

Bukan hanya dari makanan, namun ibu hamil trimester ketiga juga membutuhkan asupan cairan. Air sangat penting guna membantu pertumbuhan sejumlah sel baru, membantu dalam mengatur suhu tubuh, melarutkan serta mengatur proses metabolisme sejumlah zat gizi, serta mampu mempertahankan volume darah yang tengah meningkat selama masa kehamilan.

Related Posts

Share This